RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan : MI / SD
Kelas/Semester :
II/ I
Materi :
Tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan
Alokasi Waktu : 4 ×
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan
hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
B.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
C.
Indikator
1.
Menyebutkan
tumbuhan yang menguntungkan
2.
Menyebutkan
tumbuhan yang merugikan
3.
Menjelaskan
kegunaan tumbuhan yang menguntungkan
4.
Menjelaskan
alasan tumbuhan yang merugikan
5.
Membedakan
antara tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan
D.
Tujuan
1.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan tumbuhan yang
menguntungkan
2.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan tumbuhan yang
merugikan
3.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menjelaskan kegunaan tumbuhan
yang menguntungkan
4.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menjelaskan alasan tumbuhan yang
merugikan
5.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu membedakan antara tumbuhan yang
menguntugkan dan merugikan
E.
Deskripsi
Materi
(Lampiran 1)
F.
Strategi
dan Metode
Metode langsung, tanya jawab, ceramah, penugasan
G.
Pelaksanaan
Pembelajaran
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE/
STRATEGI
|
MEDIA
|
10 menit
|
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru bersama-sama siswa berdoa
3.
Guru menanyakan kabar siswa
4.
Guru mengabsensi siswa atau menanyakan siswa yang
tidak masuk
5.
Guru melakukan apersepsi tentang bab yang
sebelumnya dipelajari yaitu hewan yang menguntungkan dan membahayakan
6.
Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
( Tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan)
7.
Guru mengkondisikan kelas/ kontrak pembelajaran
|
Tanya jawab
|
|
120 menit
|
Kegiatan Inti
1.
Siswa
menjawab pertanyaan dari guru seputar tumbuhan yang menguntungkan dan
merugikan
2.
Siswa
menerima penjelasan dari guru mengenai tumbuhan yang merugikan dan
menguntungkan serta fungsinya
3.
Siswa
dibagi dalam 3 kelompok
4.
Setiap
kelompok menerima potongan kertas yang disediakan guru (lampiran 2)
5.
Setiap
kelompok mengerjakan tugas sesuai perintah guru
6.
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan mereka didepan kelas
7.
Setiap
kelompok mencocokkan (membenarkan) hasil pekerjaannya dengan kunci jawaban
yang di berikan guru
8.
Guru
memberi apresiasi kepada kelompok yang berhasil, dan memberi semangat kepada
kelompok yang belum berhasil mengerjakan tugas
9.
Siswa
melakukan tes lisan yang diberikan guru (Lampiran 3)
10.
Siswa
mengerjakan lembar kerja dari guru (Lampiran 4)
11.
Guru
memberikan penguatan pada materi yang sedang dipelajari
|
Tanya jawab
Ceramah
Penugasan
Ceramah
|
Kertas potong
Lembar tes lisan
Lembar Kerja
|
10 menit
|
Kegiatan
Penutup
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari
2.
Guru
memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal essay yang ada
di buku paket IPA kelas 2 halaman 37
3.
Guru
meminta siswa untuk membaca bab selanjutnya di rumah untuk persiapan di
pertemuan berikutnya
4.
Guru
bersama siswa berdoa
5.
Guru
mengucapkan salam
|
Buku Paket
IPA
|
H.
Sumber
Belajar
Buku paket IPA
kelas 2 penerbit Erlangga
I.
Penilaian
Bentuk
penilaian tes tulis, tes lisan, dan penilaian kelompok
Indikator
|
Indikator butir soal
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen penilaian
|
Ø Menyebutkan tumbuhan yang
menguntungkan
|
Sebutkan tumbuhan yang menguntungkan
|
Tes Tulis
Tes Lisan
|
Uraian, Pilihan Ganda, dan rubrik penilaian tes lisan
|
Ø Menyebutkan tumbuhan yang membahayakan
|
Sebutkan tumbuhan yang membahayakan
|
Tes Tulis
Tes Lisan
|
Uraian, Pilihan Ganda, dan rubrik penilaian Tes Lisan
|
Ø Menjelaskan kegunaan tumbuhan yang
menguntungkan
|
Kegunaan tumbuhan yang menguntungkan
|
Tes Tulis
Tes Lisan
|
Pilihan Ganda, Uraian, dan rubrik penilaian tes lisan
|
Ø Menjelaskan alasan tumbuhan yang
membahayakan
|
Alasan tumbuhan yang membahayakan
|
Tes Tulis
|
Pilihan Ganda
|
Ø Membedakan antara tumbuhan yang
menguntungkan dan membahayakan
|
Perbedaan tumbuhan yang menguntungkan dan membahayakan
|
Tes Tulis
|
Uraian dan pilihan ganda
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
DZUL FANNY S. Th. I SITI LATIFAH A. Ma
Lampiran 2
A.
Tempel
nama-nama tumbuhan dibawah ini pada
kolom yang tersedia!
Tanaman Padi
|
Pohon pepaya
|
Pohon Mangga
|
Putri Malu
|
Jeruk
|
Kunyit
|
Jahe
|
Pohon pisang
|
Tanaman singkong
|
benalu
|
Tumbuhan Pandan
|
Pohon jambu
|
Pohon Jambu
|
Bunga Mawar
|
Bunga Matahari
|
Kacang tanah
|
Nama Kelompok :.................................................................................................................
Tumbuhan
yang Menguntungkan
|
Tumbuhan yang Merugikan
|
Rubrik penilaian kelompok sebagai
berikut :
No
|
Nama Kelompok
|
Aspek
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||
Kinerja
Anggota
|
Penyelesaian
LK
|
Ketepatan
jawaban
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
Dst.
|
Pedoman Penskoran:
Aspek
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kinerja Anggota
|
Semua anggota aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan diskusi
|
5 - 4 anggota yang berpartisipasi dalam kegiatan diskusi
|
Hanya 3 anggota yang berpartisipasi dalam kegiatan diskusi
|
Kurang dari 3 anggota yang berpartisipasi dalam kegiatan diskusi
|
Penyelesaian LK
|
Kelompok dapat menyelesaikan LK sebelum waktu yang ditentukan
selesai
|
Kelompok dapat menyelesaikan LK tepat ketika waktu yang
ditentukan selesai
|
Kelompok dapat menyelesaikan LK ketika diberi waktu tambahan
|
Kelompok dapat menyelesaikan LK sesudah waktu tambahan selesai
|
Ketepatan Jawaban
|
Semua jawaban benar
|
2 jawaban salah dan yang lain benar
|
3 jawaban salah dan yang lain benar
|
Semua jawaban salah
|
Nilai
=
× 100
Lampiran 4
Butir soal
penilaian Tes Lisan
1.
Sebutkan
apa saja tumbuhan yang menguntungkan bagi manusia !
2.
Sebutkan
apa saja tumbuhan yang merugikan bagi manusia !
3.
Apa
perbedaan tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan ?
Jawaban
1.
Tanaman
singkong, tanaman cabe, pohon mangga, pohon pepaya, tumbuhan bayam, kangkung,
wortel, dll.
2.
Benalu,
putri malu, anggrek (bersifat seperti benalu) dll
3.
Tumbuhan
merugikan, adalah tumbuhan yang tak berguna bagi manusia, dan hidupnya
bergantung pada tumbuhan lain bagi manusia, sedangkan tumbuhan yang
menguntungkan adalah tumbuhan yang berguna bagi kebutuhan dan kesehatan manusia
Rubrik penilaian tes lisan
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
|
3
|
5
|
||
1
|
Sebutkan apa
saja hewan yang menguntungkan bagi manusia !
|
Menjawab
Salah
|
Menjawab
Benar
|
2
|
Sebutkan apa
saja hewan yang membahayakan bagi manusia !
|
Menjawab
Salah
|
Menjawab
Benar
|
3
|
Apa perbedaan
hewan yang menguntungkan dan membahayakan ?
|
Menjawab
Salah
|
Menjawab
Benar
|
Skor Maksimum
|
15
|
Adapun format penilaian tes lisan sebagai berikut:
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
||
Soal
No. 1
|
Soal
No. 2
|
Soal
No. 3
|
|||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
Dst.
|
Nilai =
× 100
Lampiran 3
Nama :.................................................
Kelas :.................................................
Berilah tanda (x) pada jawaban yang benar !
1. Dibawah
ini yang termasuk tanaman yang berfungsi sebagai sayuran adalah.....
a.
Padi c.
Mangga
b.
Pepaya d.
Bayam
2. Dibawah
ini tanaman yang daapat menghiasi rumah adalah...
a.
Bayam c.
Padi
b.
Kangkung d.
Bunga mawar
3. Tanaman
yang mengandung vitamin A dan berguna bagi mata kita adalah...
a.
Padi c.
Wortel
b.
Jagung d.
Kangkung
4. Dibawah
ini tumbuhan yang menghasilkan buah bagi manusia adalah...
a.
Tumbuhan padi c.
tumbuhan kacang panjang
b.
Tumbuhan semangka d. Tumbuhan Bayam
5. Dibawah
ini tumbuhan yang termasuk bahan utama pembuatan tahu dan tempe adalah...
a.
Pohon mangga c.
Tumbuhan kedelai
b.
Tumbuhan kacang panjang d. Pohon kelapa
Kunci jawaban :
1. d
2. d
3. c Nilai : Betul × 3
4. B :
15
5. c
Tulislah
fungsi dari beberapa tumbuhan dibawah ini !
No
|
Nama Tumbuhan
|
Fungsinya
|
1
|
Tanaman
Bayam
|
|
2
|
Tumbuhan
Pepaya
|
|
3
|
Bunga
Matahari
|
|
4
|
Tanaman
Wortel
|
|
5
|
Tanaman
Cabe
|
|
6
|
Tumbuhan
kedelai
|
|
7
|
Tumbuhan
Padi
|
Kunci
Jawaban :
1.
Untuk
sayuran
2.
Untuk
buah yang sehat bagi kulit kita
3.
Untuk
hiasan dirumah
4.
Untuk
sayuran dan juga kesehatan mata kita
5.
Untuk
membuat sambal
6.
Bahan
utama pembuatan tahu dan tempe
7.
Untuk
nasi yang kita makan
Nilai :
Betul × 5
:
35
Jawablah
pertnyaan dibawah ini dengan baik dan benar !
1. Apa saja
manfaat Tumbuhan pepaya bagi kehidupan manusia?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Sebutkan
3 tumbuhan yang menguntungkan serta kegunaannya bagi manusia !
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Benalu
termasuk tumbuhan yang merugikan karena?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Tumbuhan bayam bermanfaat bagi tubuh kita
untuk sayuran, sedangkan tumbuhan putri malu apakah bermanfaat bagi tubuh
kita... mengapa?
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Sebutkan
apa saja tumbuhan yang merugikan bagi manusia yang kamu ketahui !
....................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kunci jawaban :
1. Daunnya bisa berguna untuk sayuran, buahnya
bisa kita makan
2. Tumbuhan
singkong : ubinya bisa kita buat
kripik, dan makanan lain. Sedangkan daunnya dapat dimanfaatkan menjadi sayuran
Tumbuhan
cabe : cabe dibutuhkan ibu-ibu untuk
membuat sambal
Tumbuhan
jagung : jagungnya bisa kita bakar dan
bisa buat lauk
3. Karena
benalu merupakan tanaman pengganggu pada tumbuhan lain
4. Tidak,
putri malu termasuk tumbuhan yang merugikan karena durinya bisa melukai tubuh
manusia
5. Benalu,
putri malu
Nilai : betul × 10
: 50
Tidak ada komentar:
Posting Komentar