RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester :
II/ I
Materi :
Pertumbuhan tumbuhan
Alokasi Waktu : 4 ×
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan
hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
B.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi
pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
C.
Indikator
1.
Melakukan
eksperimen menanam biji kacang hijau
2.
Membuat
laporan hasil eksperimen pertumbuhan kacang hijau
3.
Menyebutkan
tahap-tahap pertumbuhan tumbuhan
4.
Melengkapi
tahapan pertumbuhan tumbuhan sesuai susunannya
D.
Tujuan
1.
Setelah
melakukan eksperimen siswa mampu menyebutkan tahap-tahap pertumbuhan tumbuhan
2.
Setelah
menerima penjelasan dari guru, siswa mampu melengkapi tahapan pertumbuhan
tumbuhan sesuai susunannya.
E.
Deskripsi
Materi
(Lampiran 1)
F.
Strategi
dan Metode
Active Learning (Pembelajaran Langsung)
G.
Pelaksanaan
Pembelajaran
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE/
STRATEGI
|
MEDIA
|
|
10 menit
|
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru bersama-sama siswa berdoa
3.
Guru menanyakan kabar siswa
4.
Guru mengabsensi siswa atau menanyakan siswa yang
tidak masuk
5.
Guru melakukan apersepsi tentang bab yang
sebelumnya dipelajari
6.
Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
(pertumbuhan tumbuhan)
7.
Guru mengkondisikan kelas/ kontrak pembelajaran
|
|
|
|
120 menit
|
Kegiatan Inti
1.
Siswa
mengamati gambar pertumbuhan tumbuhan yang ditampilkan guru
2.
Siswa
menjawab pertanyaan dari guru mengenai pertumbuhan tumbuhan
3.
Siswa
melakukan eksperimen penanaman biji kacang hijau untuk membuktikan kebenaran
4.
Siswa
mengamati pertumbuhan kacang hijau selama 7 hari
5.
Siswa
membuat laporan pertumbuhan kacang hijau yang ditanamnya pada kertas laporan
yang di sediakan guru (lampiran 2)
6.
Siswa
mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas
7.
Siswa
menyebutkan tahap-tahap pertumbuan kacang hijau serta tumbuhan lainnya
8.
Siswa
mengerjakan lembar kerja dari guru (Lampiran 3)
9.
Guru
memberikan penguatan
10.
Guru
memberi reward kepada siswa yang dapat mengerjakan laporan dengan baik dan
benar
11.
Guru
melakukan tanya jawab kepada beberapa siswa untuk mengecek pemahaman siswa
|
Tanya jawab
Ceramah
Tanya jawab
|
Power point
Tumbuhan, dan Lembar Kerja
Lembar Kerja
|
|
10 menit
|
Kegiatan
Penutup
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari
2.
Guru
memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal essay yang ada
di buku paket IPA kelas 2 halaman 32-33
3.
Guru
meminta siswa untuk membaca bab selanjutnya di rumah untuk persiapan di
pertemuan berikutnya
4.
Guru
bersama siswa berdoa
5.
Guru
mengucapkan salam
|
|
Buku Paket
IPA
|
H.
Sumber
Belajar
Buku paket IPA kelas 2 penerbit Erlangga
I.
Penilaian
Bentuk penilaian tes tulis dan
performance
|
Indikator
|
Indikator
butir soal
|
Bentuk
penilaian
|
Instrumen
penilaian
|
Jumlah
Butir soal
|
|
Ø Melakukan eksperimen menanam biji kacang hijau
|
Menanam
biji kacang hijau
|
Performance
|
Rubrik peniaian performance
|
Format penilaian
performance
|
|
Ø Membuat laporan hasil eksperimen pertumbuhan kacang hijau
|
Laporan
hasil eksperimen
|
Performance
|
Rubrik
peniaian performance
|
Format
penilaian performance
|
|
Ø Menyebutkan tahap-tahap pertumbuhan tumbuhan
|
tahap-tahap
pertumbuhan tumbuhan
|
Tes
tulis
|
Essay
|
3
|
|
Ø Melengkapi tahapan pertumbuhan tumbuhan sesuai susunannya
|
tahapan
pertumbuhan tumbuhan sesuai susunannya
|
Tes
tulis
|
Essay
|
2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar