Selasa, 15 Desember 2015

RPP IPA Kelas II (Bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan      : MI Muhammadiyah 23
Kelas/Semester            : II/ I
Materi                          : Bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan
Alokasi Waktu            : 2 × 35 menit

A.      Standar Kompetensi
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
B.       Kompetensi Dasar
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
C.       Indikator
1.      Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
2.      Menyebutkan bagian-bagian tubuh tumbuhan
3.      Membandingkan bagian-bagian tubuh hewan yang berbeda
4.      Membandingkan bagian-bagian tubuh tumbuhan yang berbeda
D.      Tujuan
1.      Setelah melakukan pengamatan siswa mampu menyebutkan bagian-bagian hewan dan tumbuhan di lingkungan sekolah
2.      Setelah melakukan pengamatan siswa mampu membandingkan bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang berbeda di lingkungan sekolah
E.       Deskripsi Materi
(Lampiran 1)
F.        Strategi dan Metode
Active Learning (Pembelajaran Langsung)
G.      Pelaksanaan Pembelajaran
WAKTU
KEGIATAN
METODE/
STRATEGI
MEDIA
5 menit
Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru bersama-sama siswa berdoa
3.      Guru menanyakan kabar siswa
4.      Guru mengabsensi siswa atau menanyakan siswa yang tidak masuk
5.      Guru melakukan apersepsi tentang bab yang sebelumnya dipelajari
6.      Siswa menyanyikan lagu gajah binatang yang amat besar
7.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran (bagian-bagian hewan dan tumbuhan)
8.      Guru mengkondisikan kelas/ kontrak pembelajaran














50 menit
Kegiatan Inti
Elaborasi
1.      Siswa mengamati gambar tumbuhan dan hewan
2.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru mengenai hewan serta tumbuhan yang ada di sekolah
3.      Siswa ditugaskan untuk mencari 1 tumbuhan dan 1 hewan dalam lingkungan sekolah
Eksplorasi
1.      Siswa mengamati hewan dan tumbuhan yang didapatkan
2.      Siswa menempel tumbuhan yang didapatkan pada kertas yang disediakan guru (lampiran 2)
3.      Siswa menuliskan bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang didapatkan
4.      Siswa membandingkan hasil pekerjaannya sendiri  dengan hasil pekerjaan temannya.
5.      Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas
6.      Siswa mengerjakan lembar kerja dari guru (Lampiran 3)
Konfirmasi
1.      Guru memberikan penguatan
2.      Guru memberi reward kepada siswa yang dapat melakukan pengamatan dengan baik dan benar
3.      Guru melakukan tanya jawab kepada beberapa siswa untuk mengecek pemahaman siswa



Tanya jawab
















Ceramah


Tanya jawab


Gambar hewan dan tumbuhan




Tumbuhan, dan Lembar Kerja




Lembar Kerja
10 menit
Kegiatan Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari
2.      Guru memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal essay yang ada di buku paket IPA kelas 2 halaman 31
3.      Guru meminta siswa untuk membaca bab selanjutnya di rumah untuk persiapan di pertemuan berikutnya
4.      Guru bersama siswa berdoa
5.      Guru mengucapkan salam




Buku Paket IPA

H.      Sumber Belajar
Buku paket IPA kelas 2 penerbit Erlangga
I.         Penilaian
Bentuk penilaian tes tulis

Indikator
Indikator butir soal
Bentuk penilaian
Instrumen penilaian
Jumlah Butir soal
Ø  menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
Menyebutkan bagian tubuh hewan
Tes tulis
Essay
5
Ø  Menyebutkan bagian-bagian tubuh tumbuhan
Menyebutkan bagian tubuh tumbuhan
Tes tulis
Essay
3
Ø  Membandingkan bagian-bagian tubuh tumbuhan yang berbeda
Membedakan bagian tubuh tumbuhan yang berbeda
Tes tulis
Essay
1
Ø  Membandingkan bagian-bagian tubuh hewan yang berbeda
Membedakan bagian tubuh hewan yang berbeda
Tes tulis
Essay
1



Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Bidang Studi


DZUL FANNY S. Th. I                                                                         SITI LATIFAH A. Ma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar