RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan : MI
Muhammadiyah 23
Kelas/Semester :
II/ I
Materi :
Bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan
Alokasi Waktu : 2 ×
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan
hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
B.
Kompetensi
Dasar
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah
dan sekolah melalui pengamatan
C.
Indikator
1.
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh hewan
2.
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh tumbuhan
3.
Membandingkan
bagian-bagian tubuh hewan yang berbeda
4.
Membandingkan
bagian-bagian tubuh tumbuhan yang berbeda
D.
Tujuan
1.
Setelah
melakukan pengamatan siswa mampu menyebutkan bagian-bagian hewan dan tumbuhan
di lingkungan sekolah
2.
Setelah
melakukan pengamatan siswa mampu membandingkan bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan
yang berbeda di lingkungan sekolah
E.
Deskripsi
Materi
(Lampiran 1)
F.
Strategi
dan Metode
Active Learning (Pembelajaran Langsung)
G.
Pelaksanaan
Pembelajaran
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE/
STRATEGI
|
MEDIA
|
5 menit
|
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru bersama-sama siswa berdoa
3.
Guru menanyakan kabar siswa
4.
Guru mengabsensi siswa atau menanyakan siswa yang
tidak masuk
5.
Guru melakukan apersepsi tentang bab yang
sebelumnya dipelajari
6.
Siswa menyanyikan lagu gajah binatang yang amat
besar
7.
Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
(bagian-bagian hewan dan tumbuhan)
8.
Guru mengkondisikan kelas/ kontrak pembelajaran
|
|
|
50 menit
|
Kegiatan Inti
Elaborasi
1.
Siswa
mengamati gambar tumbuhan dan hewan
2.
Siswa
menjawab pertanyaan dari guru mengenai hewan serta tumbuhan yang ada di
sekolah
3.
Siswa
ditugaskan untuk mencari 1 tumbuhan dan 1 hewan dalam lingkungan sekolah
Eksplorasi
1.
Siswa
mengamati hewan dan tumbuhan yang didapatkan
2.
Siswa
menempel tumbuhan yang didapatkan pada kertas yang disediakan guru (lampiran
2)
3.
Siswa
menuliskan bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang didapatkan
4.
Siswa
membandingkan hasil pekerjaannya sendiri
dengan hasil pekerjaan temannya.
5.
Siswa
mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas
6.
Siswa
mengerjakan lembar kerja dari guru (Lampiran 3)
Konfirmasi
1.
Guru
memberikan penguatan
2.
Guru
memberi reward kepada siswa yang dapat melakukan pengamatan dengan baik dan
benar
3.
Guru
melakukan tanya jawab kepada beberapa siswa untuk mengecek pemahaman siswa
|
Tanya jawab
Ceramah
Tanya jawab
|
Gambar hewan
dan tumbuhan
Tumbuhan, dan Lembar Kerja
Lembar Kerja
|
10 menit
|
Kegiatan
Penutup
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari
2.
Guru
memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal essay yang ada
di buku paket IPA kelas 2 halaman 31
3.
Guru
meminta siswa untuk membaca bab selanjutnya di rumah untuk persiapan di
pertemuan berikutnya
4.
Guru
bersama siswa berdoa
5.
Guru
mengucapkan salam
|
|
Buku Paket
IPA
|
H.
Sumber
Belajar
Buku paket IPA kelas 2 penerbit Erlangga
I.
Penilaian
Bentuk penilaian tes tulis
Indikator
|
Indikator
butir soal
|
Bentuk
penilaian
|
Instrumen
penilaian
|
Jumlah
Butir soal
|
Ø menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
|
Menyebutkan
bagian tubuh hewan
|
Tes
tulis
|
Essay
|
5
|
Ø Menyebutkan bagian-bagian tubuh tumbuhan
|
Menyebutkan
bagian tubuh tumbuhan
|
Tes
tulis
|
Essay
|
3
|
Ø Membandingkan bagian-bagian tubuh tumbuhan yang berbeda
|
Membedakan
bagian tubuh tumbuhan yang berbeda
|
Tes
tulis
|
Essay
|
1
|
Ø Membandingkan bagian-bagian tubuh hewan yang berbeda
|
Membedakan
bagian tubuh hewan yang berbeda
|
Tes
tulis
|
Essay
|
1
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Bidang Studi
DZUL FANNY S. Th. I SITI LATIFAH A. Ma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar