RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan : MI
Muhammadiyah 23
Kelas/Semester :
II/ I
Materi :
Makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
Alokasi Waktu : 4 ×
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan
hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
B.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
C.
Indikator
1.
Menyebutkan
hewan yang menguntungkan
2.
Menyebutkan
hewan yang membahayakan
3.
Menjelaskan
kegunaan hewan yang menguntungkan
4.
Menjelaskan
alasan hewan yang membahayakan
5.
Membedakan
antara hewan yang menguntungkan dan membahayakan
D.
Tujuan
1.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan hewan yang
menguntungkan
2.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan hewan yang
membahayakan
3.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menjelaskan kegunaan hewan yang
menguntungkan
4.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menjelaskan alasan hewan yang
membahayakan
5.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu membedakan antara hewan yang
menguntugkan dan membahayakan
E.
Deskripsi
Materi
(Lampiran 1)
F.
Strategi
dan Metode
Metode scramble, tanya jawab, ceramah, penugasan
G.
Pelaksanaan
Pembelajaran
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE/
STRATEGI
|
MEDIA
|
10 menit
|
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru bersama-sama siswa berdoa
3.
Guru menanyakan kabar siswa
4.
Guru mengabsensi siswa atau menanyakan siswa yang
tidak masuk
5.
Guru melakukan apersepsi tentang bab yang
sebelumnya dipelajari
6.
Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
(Makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan)
7.
Guru mengkondisikan kelas/ kontrak pembelajaran
|
|
|
120 menit
|
Kegiatan Inti
1.
Siswa
mengamati hewan di luar kelas
2.
Siswa
menulis semua hewan yang ia lihat
3.
Siswa
menyebutkan hewan yang didapatkan
4.
Siswa
menjawab pertanyaan dari guru seputar hewan yang membahayakan dan
menguntungkan
5.
Siswa
menerima penjelasan dari guru mengenai hewan yang membahayakan dan
menguntungkan
6.
Siswa
dibagi dalam 2 kelompok
7.
Guru
memberikan lembar kerja dengan jawaban yang acak susunannya pada setiap kelompok (lampiran 2)
8.
Setiap
kelompok mengerjakan soal berdasarkan waktu yang telah ditentukan guru
9.
Guru
mengecek durasi waktu sambil mengecek pekerjaan setiap kelompok
10.
Setiap kelompok wajib mengumpulkan hasil
pekerjaannya, dalam hal ini baik kelompok yang selesai maupun belum selesai,
jika waktunya sudah habis
11.
Guru
melakukan penilaian, penilaian dilakukan seberapa cepat kelompok tersebut
mengerjakan soal dan seberapa banyak soal yang dikerjakan dengan benar
12.
Guru
memberi apresiasi kepada kelompok yang berhasil, dan memberi semangat kepada
kelompok yang belum berhasil menjawab dengan cepat dan benar
13.
Siswa
mengerjakan lembar kerja dari guru (Lampiran 3)
14.
Guru
memberikan tes lisan pada setiap siswa (lampiran 4)
15.
Guru
memberikan penguatan pada materi yang sedang dipelajari
|
Tanya jawab
Metode
Scramble
Ceramah
Tanya Jawab
|
Lembar Kerja
Lembar Kerja
|
10 menit
|
Kegiatan
Penutup
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari
2.
Guru
memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal essay yang ada
di buku paket IPA kelas 2 halaman 34
3.
Guru
meminta siswa untuk membaca bab selanjutnya di rumah untuk persiapan di
pertemuan berikutnya
4.
Guru
bersama siswa berdoa
5.
Guru
mengucapkan salam
|
|
Buku Paket
IPA
|
H.
Sumber
Belajar
Buku paket IPA
kelas 2 penerbit Erlangga
I.
Penilaian
Bentuk
penilaian tes tulis, tes lisan, dan penilaian kelompok
Indikator
|
Indikator butir soal
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen penilaian
|
Jumlah Butir soal
|
Ø Menyebutkan hewan yang
menguntungkan
|
Hewan yang menguntungkan
|
Tes Lisan
|
Rubrik penilaian tes lisan
|
Format penilaian tes lisan
|
Ø Menyebutkan hewan yang membahayakan
|
Hewan yang membahayakan
|
Tes Lisan
|
Rubrik penilaian tes lisan
|
Format penilaian tes lisan
|
Ø Menjelaskan kegunaan hewan yang
menguntungkan
|
Kegunaan hewan yang menguntungkan
|
Tes Tulis
|
Pilihan Ganda
|
5 butir
|
Ø Menjelaskan alasan hewan yang
membahayakan
|
Alasan hewan yang membahayakan
|
Tes Tulis
|
Pilihan Ganda
|
5 butir
|
Ø Membedakan antara hewan yang
menguntungkan dan membahayakan
|
Perbedaan hewan yang menguntungkan dan membahayakan
|
Tes Lisan
|
Rubrik penilaian tes lisan
|
Format penilaian tes lisan
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
(................................) (...................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar