Jumat, 18 Desember 2015

RPP IPA Kelas II (Makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan      : MI Muhammadiyah 23
Kelas/Semester            : II/ I
Materi                           : Makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
Alokasi Waktu            : 4 × 35 menit

A.      Standar Kompetensi
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
B.       Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
C.       Indikator
1.      Menyebutkan hewan yang menguntungkan
2.      Menyebutkan hewan yang membahayakan
3.      Menjelaskan kegunaan hewan yang menguntungkan
4.      Menjelaskan alasan hewan yang membahayakan
5.      Membedakan antara hewan yang menguntungkan dan membahayakan
D.      Tujuan
1.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan hewan yang menguntungkan
2.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan hewan yang membahayakan
3.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menjelaskan kegunaan hewan yang menguntungkan
4.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menjelaskan alasan hewan yang membahayakan
5.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu membedakan antara hewan yang menguntugkan dan membahayakan
E.       Deskripsi Materi
(Lampiran 1)
F.        Strategi dan Metode
Metode scramble, tanya jawab, ceramah, penugasan
G.      Pelaksanaan Pembelajaran
WAKTU
KEGIATAN
METODE/
STRATEGI
MEDIA
10 menit
Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru bersama-sama siswa berdoa
3.      Guru menanyakan kabar siswa
4.      Guru mengabsensi siswa atau menanyakan siswa yang tidak masuk
5.      Guru melakukan apersepsi tentang bab yang sebelumnya dipelajari
6.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran (Makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan)
7.      Guru mengkondisikan kelas/ kontrak pembelajaran














120 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati hewan di luar kelas
2.      Siswa menulis semua hewan yang ia lihat
3.      Siswa menyebutkan hewan yang didapatkan
4.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru seputar hewan yang membahayakan dan menguntungkan
5.      Siswa menerima penjelasan dari guru mengenai hewan yang membahayakan dan menguntungkan
6.      Siswa dibagi dalam 2 kelompok
7.      Guru memberikan lembar kerja dengan jawaban yang acak susunannya  pada setiap kelompok (lampiran 2)
8.      Setiap kelompok mengerjakan soal berdasarkan waktu yang telah ditentukan guru
9.      Guru mengecek durasi waktu sambil mengecek pekerjaan setiap kelompok
10.   Setiap kelompok wajib mengumpulkan hasil pekerjaannya, dalam hal ini baik kelompok yang selesai maupun belum selesai, jika waktunya sudah habis
11.  Guru melakukan penilaian, penilaian dilakukan seberapa cepat kelompok tersebut mengerjakan soal dan seberapa banyak soal yang dikerjakan dengan benar
12.  Guru memberi apresiasi kepada kelompok yang berhasil, dan memberi semangat kepada kelompok yang belum berhasil menjawab dengan cepat dan benar
13.  Siswa mengerjakan lembar kerja dari guru (Lampiran 3)
14.  Guru memberikan tes lisan pada setiap siswa (lampiran 4)
15.  Guru memberikan penguatan pada materi yang sedang dipelajari




Tanya jawab





Metode Scramble





















Ceramah
Tanya Jawab











Lembar Kerja

















Lembar Kerja
10 menit
Kegiatan Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari
2.      Guru memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal essay yang ada di buku paket IPA kelas 2 halaman 34
3.      Guru meminta siswa untuk membaca bab selanjutnya di rumah untuk persiapan di pertemuan berikutnya
4.      Guru bersama siswa berdoa
5.      Guru mengucapkan salam




Buku Paket IPA

H.      Sumber Belajar
Buku paket IPA kelas 2 penerbit Erlangga
I.         Penilaian
Bentuk penilaian tes tulis, tes lisan, dan penilaian kelompok

Indikator
Indikator butir soal
Bentuk penilaian
Instrumen penilaian
Jumlah Butir soal
Ø  Menyebutkan hewan yang menguntungkan
Hewan yang menguntungkan
Tes Lisan
Rubrik penilaian tes lisan
Format penilaian tes lisan
Ø  Menyebutkan hewan yang membahayakan
Hewan yang membahayakan
Tes Lisan
Rubrik penilaian tes lisan
Format penilaian tes lisan
Ø  Menjelaskan kegunaan hewan yang menguntungkan
Kegunaan hewan yang menguntungkan
Tes Tulis
Pilihan Ganda
5 butir
Ø  Menjelaskan alasan hewan yang membahayakan
Alasan hewan yang membahayakan
Tes Tulis
Pilihan Ganda
5 butir
Ø  Membedakan antara hewan yang menguntungkan dan membahayakan
Perbedaan hewan yang menguntungkan dan membahayakan
Tes Lisan
Rubrik  penilaian tes lisan
Format penilaian tes lisan

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Bidang Studi


(................................)                                                                         (...................................)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar