Minggu, 01 November 2015

RPP IPA Kelas II (benda yang dikenal dan kegunaannya)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan      : MI / SD
Kelas/Semester            : II/ I
Materi                          : Benda yang dikenal dan kegunaannya
Alokasi Waktu            : 2 × 30 menit

A.      Standar Kompetensi
Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
B.       Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
C.       Indikator
1.      Menyebutkan benda-benda yang dikenal
2.      Menyebutkan kegunaan benda yang dikenal
3.      Mengamati benda-benda yang dikenal serta kegunaannya
4.      Mengelompokkan benda yang dikenal serta kegunaannya
D.      Tujuan
1.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan benda-benda yang dikenal serta kegunaannya
2.      Setelah mengamati benda-benda yang dikenalnya, siswa mampu mengelompokkan benda-benda yang dikenal serta kegunaannya.
E.       Deskripsi Materi
(Lampiran 1)
F.        Strategi dan Metode
Tanya jawab, ceramah, penugasan, dll
G.      Pelaksanaan Pembelajaran
WAKTU
KEGIATAN
METODE/
STRATEGI
MEDIA
10 menit
Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru bersama-sama siswa berdoa
3.      Guru menanyakan kabar siswa
4.      Guru mengabsensi siswa atau menanyakan siswa yang tidak masuk
5.      Guru melakukan apersepsi tentang bab yang sebelumnya dipelajari
6.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran (benda-benda yang dikenal serta kegunaannya)
7.      Guru mengkondisikan kelas/ kontrak pembelajaran














120 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati benda-benda yang disekelilingnya
2.      Siswa menuliskan semua benda yang di kenal
3.      Siswa dan guru bertanya jawab mengenai kegunaan benda yang dikenal
4.      Siswa ditugaskan untuk menuliskan kegunaan benda yang didapatkan
5.      Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
6.      Setiap kelompok di tugaskan untuk mengerjakan lembar kerja yang disediakan guru (lampiran 2)
7.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas sedangkan klompok lain mencocokkan dan memeriksa hasil pekerjaannya.
8.      Kelompok yang dapat mengerjakan dengan baik dan benar akan mendapatkan reward dari guru
9.      Siswa mengerjakan lembar kerja dari guru (Lampiran 3)
10.  Pemberian penguatan oleh guru
11.  Siswa melakukan tes lisan yang di ajukan guru (lampiran 4)
12.  Setiap siswa diberi pertanyaan mengenai materi yang sedang dipelajari
13.  Siswa ditugaskan untuk mengerjakan lembar kerja bagian dua (lampiran 5)
14.  Guru memberikan penguatan
15.  Guru melakukan tanya jawab kepada beberapa siswa untuk mengecek pemahaman siswa




Tanya jawab













Ceramah






Ceramah
Tanya jawab

Lingkungan sekitar






Lembar Kerja






Lembar Kerja

Lembar tes lisan


Lembar kerja
10 menit
Kegiatan Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari
2.      Guru memberi tugas rumah secara tertulis di papan tulis kepada siswa (lampiran 6)
3.      Guru meminta siswa untuk membaca bab selanjutnya di rumah untuk persiapan di pertemuan berikutnya
4.      Guru bersama siswa berdoa
5.      Guru mengucapkan salam


Ceramah
Tanya jawab

H.      Sumber Belajar
Buku paket IPA kelas 2 BSE

I.         Penilaian
Bentuk penilaian tes tulis dan tes lisan

Indikator
Indikator butir soal
Bentuk penilaian
Instrumen penilaian
Ø  Menyebutkan benda-benda yang dikenal
Sebutkan benda-benda yang kamu tahu
Tes lisan
Essay
Ø  Menyebutkan kegunaan benda yang dikenal
Sebutkan kegunaan benda yang kamu ketahui
Tes lisan
Essay
Ø  Mengamati benda-benda yang dikenal serta kegunaannya
Amatilah benda-benda yang kalian kenal, dan sebutkan
Tes tulis
Essay dan isian singkat
Ø  Mengelompokkan benda yang dikenal serta kegunaannya
Kelompokkan benda yang kalian kenal dengan kegunaannya
Tes tulis
Essay dan isian singkat


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Bidang Studi


DZUL FANNY S. Th. I                                                                         SITI LATIFAH A. Ma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar