RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan : MI / SD
Kelas/Semester :
II/ I
Materi :
Benda yang dikenal dan kegunaannya
Alokasi Waktu : 2 ×
30 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan
wujud yang dapat dialaminya
B.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui
pengamatan
C.
Indikator
1.
Menyebutkan
benda-benda yang dikenal
2.
Menyebutkan
kegunaan benda yang dikenal
3.
Mengamati
benda-benda yang dikenal serta kegunaannya
4.
Mengelompokkan
benda yang dikenal serta kegunaannya
D.
Tujuan
1.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan benda-benda yang
dikenal serta kegunaannya
2.
Setelah
mengamati benda-benda yang dikenalnya, siswa mampu mengelompokkan benda-benda
yang dikenal serta kegunaannya.
E.
Deskripsi
Materi
(Lampiran 1)
F.
Strategi
dan Metode
Tanya jawab, ceramah, penugasan, dll
G.
Pelaksanaan
Pembelajaran
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE/
STRATEGI
|
MEDIA
|
10 menit
|
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru bersama-sama siswa berdoa
3.
Guru menanyakan kabar siswa
4.
Guru mengabsensi siswa atau menanyakan siswa yang
tidak masuk
5.
Guru melakukan apersepsi tentang bab yang
sebelumnya dipelajari
6.
Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
(benda-benda yang dikenal serta kegunaannya)
7.
Guru mengkondisikan kelas/ kontrak pembelajaran
|
||
120 menit
|
Kegiatan Inti
1.
Siswa
mengamati benda-benda yang disekelilingnya
2.
Siswa
menuliskan semua benda yang di kenal
3.
Siswa
dan guru bertanya jawab mengenai kegunaan benda yang dikenal
4.
Siswa
ditugaskan untuk menuliskan kegunaan benda yang didapatkan
5.
Siswa
dibagi menjadi 2 kelompok
6.
Setiap
kelompok di tugaskan untuk mengerjakan lembar kerja yang disediakan guru (lampiran
2)
7.
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas sedangkan klompok
lain mencocokkan dan memeriksa hasil pekerjaannya.
8.
Kelompok
yang dapat mengerjakan dengan baik dan benar akan mendapatkan reward dari
guru
9.
Siswa
mengerjakan lembar kerja dari guru (Lampiran 3)
10.
Pemberian
penguatan oleh guru
11.
Siswa
melakukan tes lisan yang di ajukan guru (lampiran 4)
12.
Setiap
siswa diberi pertanyaan mengenai materi yang sedang dipelajari
13.
Siswa
ditugaskan untuk mengerjakan lembar kerja bagian dua (lampiran 5)
14.
Guru
memberikan penguatan
15.
Guru
melakukan tanya jawab kepada beberapa siswa untuk mengecek pemahaman siswa
|
Tanya jawab
Ceramah
Ceramah
Tanya jawab
|
Lingkungan
sekitar
Lembar Kerja
Lembar Kerja
Lembar tes lisan
Lembar kerja
|
10 menit
|
Kegiatan
Penutup
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari
2.
Guru
memberi tugas rumah secara tertulis di papan tulis kepada siswa (lampiran
6)
3.
Guru
meminta siswa untuk membaca bab selanjutnya di rumah untuk persiapan di
pertemuan berikutnya
4.
Guru
bersama siswa berdoa
5.
Guru
mengucapkan salam
|
Ceramah
Tanya jawab
|
H.
Sumber
Belajar
Buku paket IPA kelas 2 BSE
I.
Penilaian
Bentuk penilaian tes tulis dan tes
lisan
Indikator
|
Indikator
butir soal
|
Bentuk
penilaian
|
Instrumen
penilaian
|
Ø Menyebutkan benda-benda yang dikenal
|
Sebutkan
benda-benda yang kamu tahu
|
Tes
lisan
|
Essay
|
Ø Menyebutkan kegunaan benda yang dikenal
|
Sebutkan
kegunaan benda yang kamu ketahui
|
Tes
lisan
|
Essay
|
Ø Mengamati benda-benda yang dikenal serta kegunaannya
|
Amatilah
benda-benda yang kalian kenal, dan sebutkan
|
Tes
tulis
|
Essay
dan isian singkat
|
Ø Mengelompokkan benda yang dikenal serta kegunaannya
|
Kelompokkan
benda yang kalian kenal dengan kegunaannya
|
Tes
tulis
|
Essay
dan isian singkat
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Bidang Studi
DZUL FANNY S. Th. I SITI LATIFAH A. Ma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar