Kamis, 17 Desember 2015

RPP IPA Kelas II (Tempat hidup makhluk hidup)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan     
Kelas/Semester            : II/ I
Materi                          : Tempat hidup makhluk hidup
Alokasi Waktu            : 2 × 35 menit

A.      Standar Kompetensi
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
B.       Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
C.       Indikator
1.      Menyebutkan tempat  hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
2.      Membedakan tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
D.      Tujuan
1.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan tempat  hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
2.      Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu membedakan tempat  hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
E.       Deskripsi Materi
(Lampiran 1)
F.        Strategi dan Metode
Active Learning (Pembelajaran Langsung)
G.      Pelaksanaan Pembelajaran
WAKTU
KEGIATAN
METODE/
STRATEGI
MEDIA
5 menit
Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru bersama-sama siswa berdoa
3.      Guru menanyakan kabar siswa
4.      Guru mengabsensi siswa atau menanyakan siswa yang tidak masuk
5.      Guru melakukan apersepsi tentang bab yang sebelumnya dipelajari
6.      Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran (tempat  hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya))
7.      Guru mengkondisikan kelas/ kontrak pembelajaran














45 menit
Kegiatan Inti
Elaborasi
1.      Siswa mengamati gambar lingkungan yang di tampilkan guru
2.      Siswa dan guru bertanya jawab mengenai tempat hidup makhluk hidup yang diketahui
3.      Siswa ditugaskan untuk mencari beberapa makhluk hidup di dalam gambar tersebut beserta tempat hidupnya
Eksplorasi
1.      Siswa menerima gambar makhluk hidup yang disediakan guru (lampiran 2)
2.      Siswa mewarnai gambar yang telah didapatkan
3.      Siswa mengamati gambar makhluk hidup tersebut dan menentukan tempat hidup yang sesuai dengannya
4.      Siswa menempelkan gambar  tersebut pada papan tempel yang disediakan guru (lampiran 3)
5.      Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas
6.      Siswa membedakan tempat hidup makhluk hidup melalui media papan tempel tersebut
7.      Siswa mengerjakan lembar kerja dari guru (Lampiran 4)
Konfirmasi
1.      Guru memberikan penguatan
2.      Guru melakukan tanya jawab kepada beberapa siswa untuk mengecek pemahaman siswa




Tanya jawab



















Ceramah
Tanya jawab


Gambar lingkungan alam





Gambar makhluk hidup



Papan tempel




Lembar Kerja
10 menit
Kegiatan Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari
2.      Guru memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal yang ada di buku paket IPA kelas 2 halaman 33
3.      Guru meminta siswa untuk membaca bab selanjutnya di rumah untuk persiapan di pertemuan berikutnya
4.      Guru bersama siswa berdoa
5.      Guru mengucapkan salam




Buku Paket IPA

H.      Sumber Belajar
Buku paket IPA kelas 2 penerbit Erlangga

I.         Penilaian
Bentuk penilaian tes tulis

Indikator
Indikator butir soal
Bentuk penilaian
Instrumen penilaian
Jumlah Butir soal
Ø  Menyebutkan tempat  hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
Menyebutkan tempat hidup makhluk hidup
Tes tulis
Essay
2
Ø  Membedakan tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
Membedakan tempat hidup makhluk hidup
Tes tulis
Essay
3

Butir Soal
1.      Sebutkan masing-masing 3 contoh hewan yang hidup di air, udara, dan tanah!
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Sebutkan masing-masing 2 contoh tumbuhan yang hidup di air dan tanah !
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Katak berbeda dengan gajah, katak tidak sanggup terus hidup di daratan, mengapa?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.      Apa saja hewan yang hidup di atas tanah dan di dalam tanah?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.      Mengapa kucing tidak bisa hidup di air, sedangkan angsa bisa?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kunci jawaban
1.      Hidup di air            : ikan, cumi, kuda laut
Hidup di udara       : burung, capung, kupu-kupu
Hidup di tanah       : kelinci, ayam, cacing
2.      Hidup di air            : enceng gondok, teratai
Hidup di tanah       : bunga mawar, pohon pisang
3.      Karena kulit katak harus basah, jika kulitnya mulai kering, katak segera melompat ke air
4.      Kucing, harimau, cacing
5.      Karena kucing tidak memiliki sayap dan kaki selaput seerti angsa

Keterangan skor:
Skor maksimal 100
Nilai = Benar × 20

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Bidang Studi



(...........................)                                                                                   (.............................)                                        

1 komentar: