RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester :
II/ I
Materi :
Tempat hidup makhluk hidup
Alokasi Waktu : 2 ×
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan
hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
B.
Kompetensi
Dasar
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup
makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
C.
Indikator
1.
Menyebutkan
tempat hidup makhluk hidup (air, tanah,
dan tempat lainnya)
2.
Membedakan
tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
D.
Tujuan
1.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu menyebutkan tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat
lainnya)
2.
Setelah
mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu membedakan tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat
lainnya)
E.
Deskripsi
Materi
(Lampiran 1)
F.
Strategi
dan Metode
Active Learning (Pembelajaran Langsung)
G.
Pelaksanaan
Pembelajaran
WAKTU
|
KEGIATAN
|
METODE/
STRATEGI
|
MEDIA
|
5 menit
|
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru bersama-sama siswa berdoa
3.
Guru menanyakan kabar siswa
4.
Guru mengabsensi siswa atau menanyakan siswa yang
tidak masuk
5.
Guru melakukan apersepsi tentang bab yang
sebelumnya dipelajari
6.
Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
(tempat hidup makhluk hidup
(air, tanah, dan tempat lainnya))
7.
Guru mengkondisikan kelas/ kontrak pembelajaran
|
|
|
45 menit
|
Kegiatan Inti
Elaborasi
1.
Siswa
mengamati gambar lingkungan yang di tampilkan guru
2.
Siswa
dan guru bertanya jawab mengenai tempat hidup makhluk hidup yang diketahui
3.
Siswa
ditugaskan untuk mencari beberapa makhluk hidup di dalam gambar tersebut
beserta tempat hidupnya
Eksplorasi
1.
Siswa
menerima gambar makhluk hidup yang disediakan guru (lampiran 2)
2.
Siswa
mewarnai gambar yang telah didapatkan
3.
Siswa
mengamati gambar makhluk hidup tersebut dan menentukan tempat hidup yang
sesuai dengannya
4.
Siswa
menempelkan gambar tersebut pada papan
tempel yang disediakan guru (lampiran 3)
5.
Siswa
mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas
6.
Siswa
membedakan tempat hidup makhluk hidup melalui media papan tempel tersebut
7.
Siswa
mengerjakan lembar kerja dari guru (Lampiran 4)
Konfirmasi
1.
Guru
memberikan penguatan
2.
Guru
melakukan tanya jawab kepada beberapa siswa untuk mengecek pemahaman siswa
|
Tanya jawab
Ceramah
Tanya jawab
|
Gambar lingkungan alam
Gambar makhluk hidup
Papan tempel
Lembar Kerja
|
10 menit
|
Kegiatan
Penutup
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari
2.
Guru
memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal yang ada di buku
paket IPA kelas 2 halaman 33
3.
Guru
meminta siswa untuk membaca bab selanjutnya di rumah untuk persiapan di
pertemuan berikutnya
4.
Guru
bersama siswa berdoa
5.
Guru
mengucapkan salam
|
|
Buku Paket
IPA
|
H.
Sumber
Belajar
Buku paket IPA kelas 2 penerbit Erlangga
I.
Penilaian
Bentuk penilaian tes tulis
Indikator
|
Indikator
butir soal
|
Bentuk
penilaian
|
Instrumen
penilaian
|
Jumlah
Butir soal
|
Ø Menyebutkan tempat hidup
makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
|
Menyebutkan
tempat hidup makhluk hidup
|
Tes
tulis
|
Essay
|
2
|
Ø Membedakan tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat
lainnya)
|
Membedakan
tempat hidup makhluk hidup
|
Tes
tulis
|
Essay
|
3
|
Butir
Soal
1.
Sebutkan
masing-masing 3 contoh hewan yang hidup di air, udara, dan tanah!
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.
Sebutkan
masing-masing 2 contoh tumbuhan yang hidup di air dan tanah !
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Katak
berbeda dengan gajah, katak tidak sanggup terus hidup di daratan, mengapa?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.
Apa
saja hewan yang hidup di atas tanah dan di dalam tanah?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.
Mengapa
kucing tidak bisa hidup di air, sedangkan angsa bisa?
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kunci jawaban
1.
Hidup
di air : ikan, cumi, kuda laut
Hidup
di udara : burung, capung, kupu-kupu
Hidup
di tanah : kelinci, ayam, cacing
2.
Hidup
di air : enceng gondok, teratai
Hidup
di tanah : bunga mawar, pohon pisang
3.
Karena
kulit katak harus basah, jika kulitnya mulai kering, katak segera melompat ke
air
4.
Kucing,
harimau, cacing
5.
Karena
kucing tidak memiliki sayap dan kaki selaput seerti angsa
Keterangan
skor:
Skor
maksimal 100
Nilai
= Benar × 20
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Bidang Studi
(...........................) (.............................)
mantap
BalasHapus