Selasa, 06 Oktober 2015

Silabus IPA



SILABUS
Nama Sekolah             : MI Muhammadiyah 23 Surabaya    
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/ Semester           : II/I
Standar Kompetensi   :1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup, 2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
Bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan
1.      Mengamati gambar tumbuhan dan hewan
2.      Mencari 1 tumbuhan dan 1 hewan dalam lingkungan sekolah
3.      Menempel tumbuhan yang didapatkan pada kertas yang disediakan guru
4.      Menuliskan bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang didapatkan
5.      Membandingkan hasil pekerjaannya sendiri  dengan hasil pekerjaan temannya
6.      Mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas
7.      Mengerjakan lembar kerja dari guru
1.      Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
2.      Menyebutkan bagian-bagian tubuh tumbuhan
3.      Membandingkan bagian-bagian tubuh hewan yang berbeda
4.      Membandingkan bagian-bagian tubuh tumbuhan yang berbeda
Tes Tulis
Uraian
1.      Sebutkan bagian-bagian tubuh tumbuhan
2.      Sebutkan bagian-bagian utama tubuh tumbuhan
2×35 menit
Buku paket IPA terbitan Erlangga

Gambar hewan dan tumbuhan

Papan Tempel
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
Pertumbuhan Tumbuhan
1.      mengamati gambar pertumbuhan tumbuhan yang ditampilkan guru
2.      melakukan eksperimen penanaman biji kacang hijau untuk membuktikan kebenaran
3.      mengamati pertumbuhan kacang hijau selama 7 hari
4.      membuat laporan pertumbuhan kacang hijau yang ditanamnya pada kertas laporan yang di sediakan guru
5.      mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas
6.      menyebutkan tahap-tahap pertumbuan kacang hijau serta tumbuhan lainnya
7.      mengerjakan lembar kerja dari guru
1.      Melakukan eksperimen menanam biji kacang hijau
2.      Membuat laporan hasil eksperimen pertumbuhan kacang hijau
3.      Menyebutkan tahap-tahap pertumbuhan tumbuhan
4.      Melengkapi tahapan pertumbuhan tumbuhan sesuai susunannya
Tes Tulis
Performance
Essay
Rubrik penilaian performance
1.      Sebutkan tahap-tahap pertumbuhan tumbuhan
4×35 menit
Buku paket IPA terbitan Erlangga

Power Point
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
Tempat hidup makhluk hidup
1.      mengamati gambar lingkungan yang di tampilkan guru
2.      bertanya jawab mengenai tempat hidup makhluk hidup yang diketahui
3.      Siswa ditugaskan untuk mencari beberapa makhluk hidup di dalam gambar tersebut beserta tempat hidupnya
4.      menerima gambar makhluk hidup yang disediakan guru
5.      Siswa mewarnai gambar yang telah didapatkan
6.      mengamati gambar makhluk hidup tersebut dan menentukan tempat hidup yang sesuai dengannya
7.      menempelkan gambar  tersebut pada papan tempel yang disediakan guru
8.      mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas
9.      membedakan tempat hidup makhluk hidup melalui media papan tempel tersebut
10.  Siswa mengerjakan lembar kerja dari guru
11.  melakukan tanya jawab kepada beberapa siswa untuk mengecek pemahaman siswa
12.  Guru memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal yang ada di buku paket IPA kelas 2 halaman 33
1.      Menyebutkan tempat  hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
2.      Membedakan tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
Tes Tulis
Essay,

Isian singkat
1.      Sebutkan masing-masing 3 contoh hewan yang hidup di darat, air, dan udara !
2.      Sebutkan masing-masing 2 contoh tumbuhan yang hidup di air dan tanah
2×35 menit
Buku paket IPA terbitan Erlangga

Gambar makhluk hidup

Gambar lingkungan alam

Papan tempel
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
1.      mengamati hewan di luar kelas
2.      menulis semua hewan yang ia lihat
3.      menyebutkan hewan yang didapatkan
4.      menjawab pertanyaan dari guru seputar hewan yang membahayakan dan menguntungkan
5.      menerima penjelasan dari guru mengenai hewan yang membahayakan dan menguntungkan
6.      dibagi dalam 2 kelompok
7.      Guru memberikan lembar kerja dengan jawaban yang acak susunannya  pada setiap kelompok
8.      Setiap kelompok mengerjakan soal berdasarkan waktu yang telah ditentukan guru
9.      Guru mengecek durasi waktu sambil mengecek pekerjaan setiap kelompok
10.  Setiap kelompok wajib mengumpulkan hasil pekerjaannya, dalam hal ini baik kelompok yang selesai maupun belum selesai, jika waktunya sudah habis
11.  Guru melakukan penilaian, penilaian dilakukan seberapa cepat kelompok tersebut mengerjakan soal dan seberapa banyak soal yang dikerjakan dengan benar
12.  Guru memberi apresiasi kepada kelompok yang berhasil, dan memberi semangat kepada kelompok yang belum berhasil menjawab dengan cepat dan benar
13.  Siswa mengerjakan lembar kerja dari guru
14.  Guru memberikan tes lisan pada setiap siswa
15.  Guru memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal essay yang ada di buku paket IPA kelas 2 halaman 34
1.      Menyebutkan hewan yang menguntungkan
2.      Menyebutkan hewan yang membahayakan
3.      Menjelaskan kegunaan hewan yang menguntungkan
4.      Menjelaskan alasan hewan yang membahayakan
5.      Membedakan antara hewan yang menguntungkan dan membahayakan
Tes tulis

Tes lisan

Performance kelompok
Pilihan ganda

Rubrik  penilaian tes lisan

Rubrik penilaian kelompok
1.      Sebutkan tumbuhan yang merugikan bagi manusia
2.      Sebutkan tumbuhan yang menguntungkan bagi manusia
3.      Jelaskan kegunaan hewan yang menguntungkan
4.      Jelaskan alasan hewan yang membahayakan
5.      Bedakan antara hewan yang menguntungkan dan membahayakan
4×35 menit
Kertas jawaban acak

Buku paket IPA kelas 2 terbitan Erlangga
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
1.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru seputar tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan
2.      menerima penjelasan dari guru mengenai tumbuhan yang merugikan dan menguntungkan serta fungsinya
3.      Siswa dibagi dalam 3 kelompok
4.      Setiap kelompok menerima potongan kertas yang disediakan guru
5.      Setiap kelompok mengerjakan tugas sesuai perintah guru
6.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan mereka didepan kelas
7.      Setiap kelompok mencocokkan (membenarkan) hasil pekerjaannya dengan kunci jawaban yang di berikan guru
8.      Guru memberi apresiasi kepada kelompok yang berhasil, dan memberi semangat kepada kelompok yang belum berhasil mengerjakan tugas
9.      Siswa melakukan tes lisan yang diberikan guru
10.  Siswa mengerjakan lembar kerja dari guru
11.  Guru memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal essay yang ada di buku paket IPA kelas 2 halaman 37
1.      Menyebutkan tumbuhan yang menguntungkan
2.      Menyebutkan tumbuhan yang membahayakan
3.      Menjelaskan kegunaan tumbuhan yang menguntungkan
4.      Menjelaskan alasan tumbuhan yang membahayakan
5.      Membedakan antara tumbuhan yang menguntungkan dan membahayakan
Tes tulis

Tes lisan

Performance kelompok
Pilihan ganda

Rubrik  penilaian tes lisan

Rubrik penilaian kelompok
1.      Sebutkan tumbuhan yang merugikan bagi manusia
2.      Sebutkan tumbuhan yang menguntungkan bagi manusia
3.      Jelaskan kegunaan tumbuhan yang menguntungkan
4.      Jelaskan alasan tumbuhan yang membahayakan
5.      Bedakan antara tumbuhan yang menguntungkan dan membahayakan
4 × 35 menit
Kertas jawaban acak

Buku paket IPA kelas 2 terbitan Erlangga
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
Benda-benda yang dikenal serta kegunaannya
1.      mengamati benda-benda yang disekelilingnya
2.      menuliskan semua benda yang di kenal
3.      Siswa ditugaskan untuk menuliskan kegunaan benda yang didapatkan
4.      Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
5.      Setiap kelompok di tugaskan untuk mengerjakan lembar kerja yang disediakan guru
6.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas sedangkan klompok lain mencocokkan dan memeriksa hasil pekerjaannya
7.      Kelompok yang dapat mengerjakan dengan baik dan benar akan mendapatkan reward
8.      Siswa mengerjakan lembar kerja
9.      Siswa melakukan tes lisan yang di ajukan guru
10.  Guru melakukan tanya jawab kepada beberapa siswa untuk mengecek pemahaman siswa
11.  Guru memberi tugas rumah secara tertulis di papan tulis kepada siswa
1.      Menyebutkan benda-benda yang dikenal
2.      Menyebutkan kegunaan benda yang dikenal
3.      Mengamati benda-benda yang dikenal serta kegunaanny
4.      Mengelompokkan benda yang dikenal serta kegunaannya

Tes tulis

Tes lisan

Performance kelompok
Isian singkat

essay

Rubrik  penilaian tes lisan

Rubrik penilaian kelompok
1.      Sebutkan benda-benda yang kamu tahu
2.      Sebutkan kegunaan benda yang kamu ketahui
3.      Amatilah benda-benda yang kalian kenal, dan sebutkan
4.      Kelompokkan benda yang kalian kenal dengan kegunaannya
4 × 35 menit
Buku paket IPA kelas 2 BSE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar