SILABUS
Nama Sekolah : MI
Muhammadiyah 23 Surabaya
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/ Semester :
II/I
Standar Kompetensi :1. Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup, 2. Mengenal berbagai bentuk benda
dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah
dan sekolah melalui pengamatan
|
Bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan
|
1.
Mengamati
gambar tumbuhan dan hewan
2.
Mencari
1 tumbuhan dan 1 hewan dalam lingkungan sekolah
3.
Menempel
tumbuhan yang didapatkan pada kertas yang disediakan guru
4.
Menuliskan
bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang didapatkan
5.
Membandingkan
hasil pekerjaannya sendiri dengan
hasil pekerjaan temannya
6.
Mempresentasikan
hasil pekerjaannya di depan kelas
7.
Mengerjakan
lembar kerja dari guru
|
1.
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh hewan
2.
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh tumbuhan
3.
Membandingkan
bagian-bagian tubuh hewan yang berbeda
4.
Membandingkan
bagian-bagian tubuh tumbuhan yang berbeda
|
Tes Tulis
|
Uraian
|
1.
Sebutkan
bagian-bagian tubuh tumbuhan
2.
Sebutkan
bagian-bagian utama tubuh tumbuhan
|
2×35 menit
|
Buku paket IPA terbitan Erlangga
Gambar hewan dan tumbuhan
Papan Tempel
|
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi
pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi
tanaman)
|
Pertumbuhan Tumbuhan
|
1.
mengamati
gambar pertumbuhan tumbuhan yang ditampilkan guru
2.
melakukan
eksperimen penanaman biji kacang hijau untuk membuktikan kebenaran
3.
mengamati
pertumbuhan kacang hijau selama 7 hari
4.
membuat
laporan pertumbuhan kacang hijau yang ditanamnya pada kertas laporan yang di
sediakan guru
5.
mempresentasikan
hasil laporannya di depan kelas
6.
menyebutkan
tahap-tahap pertumbuan kacang hijau serta tumbuhan lainnya
7.
mengerjakan
lembar kerja dari guru
|
1.
Melakukan
eksperimen menanam biji kacang hijau
2.
Membuat
laporan hasil eksperimen pertumbuhan kacang hijau
3.
Menyebutkan
tahap-tahap pertumbuhan tumbuhan
4.
Melengkapi
tahapan pertumbuhan tumbuhan sesuai susunannya
|
Tes Tulis
Performance
|
Essay
Rubrik penilaian performance
|
1.
Sebutkan
tahap-tahap pertumbuhan tumbuhan
|
4×35 menit
|
Buku paket IPA terbitan Erlangga
Power Point
|
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup
makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
|
Tempat hidup makhluk hidup
|
1.
mengamati
gambar lingkungan yang di tampilkan guru
2.
bertanya
jawab mengenai tempat hidup makhluk hidup yang diketahui
3.
Siswa
ditugaskan untuk mencari beberapa makhluk hidup di dalam gambar tersebut
beserta tempat hidupnya
4.
menerima
gambar makhluk hidup yang disediakan guru
5.
Siswa
mewarnai gambar yang telah didapatkan
6.
mengamati
gambar makhluk hidup tersebut dan menentukan tempat hidup yang sesuai
dengannya
7.
menempelkan
gambar tersebut pada papan tempel yang
disediakan guru
8.
mempresentasikan
hasil pekerjaannya di depan kelas
9.
membedakan
tempat hidup makhluk hidup melalui media papan tempel tersebut
10.
Siswa
mengerjakan lembar kerja dari guru
11.
melakukan
tanya jawab kepada beberapa siswa untuk mengecek pemahaman siswa
12.
Guru
memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal yang ada di buku
paket IPA kelas 2 halaman 33
|
1.
Menyebutkan
tempat hidup makhluk hidup (air,
tanah, dan tempat lainnya)
2.
Membedakan
tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
|
Tes Tulis
|
Essay,
Isian singkat
|
1.
Sebutkan
masing-masing 3 contoh hewan yang hidup di darat, air, dan udara !
2.
Sebutkan
masing-masing 2 contoh tumbuhan yang hidup di air dan tanah
|
2×35 menit
|
Buku paket IPA terbitan Erlangga
Gambar makhluk hidup
Gambar lingkungan alam
Papan tempel
|
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan
membahayakan
|
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
|
1.
mengamati
hewan di luar kelas
2.
menulis
semua hewan yang ia lihat
3.
menyebutkan
hewan yang didapatkan
4.
menjawab
pertanyaan dari guru seputar hewan yang membahayakan dan menguntungkan
5.
menerima
penjelasan dari guru mengenai hewan yang membahayakan dan menguntungkan
6.
dibagi
dalam 2 kelompok
7.
Guru
memberikan lembar kerja dengan jawaban yang acak susunannya pada setiap kelompok
8.
Setiap
kelompok mengerjakan soal berdasarkan waktu yang telah ditentukan guru
9.
Guru
mengecek durasi waktu sambil mengecek pekerjaan setiap kelompok
10.
Setiap
kelompok wajib mengumpulkan hasil pekerjaannya, dalam hal ini baik kelompok
yang selesai maupun belum selesai, jika waktunya sudah habis
11.
Guru
melakukan penilaian, penilaian dilakukan seberapa cepat kelompok tersebut
mengerjakan soal dan seberapa banyak soal yang dikerjakan dengan benar
12.
Guru
memberi apresiasi kepada kelompok yang berhasil, dan memberi semangat kepada
kelompok yang belum berhasil menjawab dengan cepat dan benar
13.
Siswa
mengerjakan lembar kerja dari guru
14.
Guru
memberikan tes lisan pada setiap siswa
15.
Guru
memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal essay yang ada
di buku paket IPA kelas 2 halaman 34
|
1.
Menyebutkan
hewan yang menguntungkan
2.
Menyebutkan
hewan yang membahayakan
3.
Menjelaskan
kegunaan hewan yang menguntungkan
4.
Menjelaskan
alasan hewan yang membahayakan
5.
Membedakan
antara hewan yang menguntungkan dan membahayakan
|
Tes tulis
Tes lisan
Performance kelompok
|
Pilihan ganda
Rubrik penilaian tes lisan
Rubrik penilaian kelompok
|
1.
Sebutkan
tumbuhan yang merugikan bagi manusia
2.
Sebutkan
tumbuhan yang menguntungkan bagi manusia
3.
Jelaskan
kegunaan hewan yang menguntungkan
4.
Jelaskan
alasan hewan yang membahayakan
5.
Bedakan
antara hewan yang menguntungkan dan membahayakan
|
4×35 menit
|
Kertas jawaban acak
Buku paket IPA kelas 2 terbitan Erlangga
|
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan
membahayakan
|
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
|
1.
Siswa
menjawab pertanyaan dari guru seputar tumbuhan yang menguntungkan dan
merugikan
2.
menerima
penjelasan dari guru mengenai tumbuhan yang merugikan dan menguntungkan serta
fungsinya
3.
Siswa
dibagi dalam 3 kelompok
4.
Setiap
kelompok menerima potongan kertas yang disediakan guru
5.
Setiap
kelompok mengerjakan tugas sesuai perintah guru
6.
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan mereka didepan kelas
7.
Setiap
kelompok mencocokkan (membenarkan) hasil pekerjaannya dengan kunci jawaban
yang di berikan guru
8.
Guru
memberi apresiasi kepada kelompok yang berhasil, dan memberi semangat kepada
kelompok yang belum berhasil mengerjakan tugas
9.
Siswa
melakukan tes lisan yang diberikan guru
10.
Siswa
mengerjakan lembar kerja dari guru
11.
Guru
memberi tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal essay yang ada
di buku paket IPA kelas 2 halaman 37
|
1.
Menyebutkan
tumbuhan yang menguntungkan
2.
Menyebutkan
tumbuhan yang membahayakan
3.
Menjelaskan
kegunaan tumbuhan yang menguntungkan
4.
Menjelaskan
alasan tumbuhan yang membahayakan
5.
Membedakan
antara tumbuhan yang menguntungkan dan membahayakan
|
Tes tulis
Tes lisan
Performance kelompok
|
Pilihan ganda
Rubrik penilaian tes lisan
Rubrik penilaian kelompok
|
1.
Sebutkan
tumbuhan yang merugikan bagi manusia
2.
Sebutkan
tumbuhan yang menguntungkan bagi manusia
3.
Jelaskan
kegunaan tumbuhan yang menguntungkan
4.
Jelaskan
alasan tumbuhan yang membahayakan
5.
Bedakan
antara tumbuhan yang menguntungkan dan membahayakan
|
4 × 35 menit
|
Kertas jawaban acak
Buku paket IPA kelas 2 terbitan Erlangga
|
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui
pengamatan
|
Benda-benda yang dikenal serta kegunaannya
|
1.
mengamati
benda-benda yang disekelilingnya
2.
menuliskan
semua benda yang di kenal
3.
Siswa
ditugaskan untuk menuliskan kegunaan benda yang didapatkan
4.
Siswa
dibagi menjadi 2 kelompok
5.
Setiap
kelompok di tugaskan untuk mengerjakan lembar kerja yang disediakan guru
6.
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas sedangkan klompok
lain mencocokkan dan memeriksa hasil pekerjaannya
7.
Kelompok
yang dapat mengerjakan dengan baik dan benar akan mendapatkan reward
8.
Siswa
mengerjakan lembar kerja
9.
Siswa
melakukan tes lisan yang di ajukan guru
10.
Guru
melakukan tanya jawab kepada beberapa siswa untuk mengecek pemahaman siswa
11.
Guru
memberi tugas rumah secara tertulis di papan tulis kepada siswa
|
1.
Menyebutkan
benda-benda yang dikenal
2.
Menyebutkan
kegunaan benda yang dikenal
3.
Mengamati
benda-benda yang dikenal serta kegunaanny
4.
Mengelompokkan
benda yang dikenal serta kegunaannya
|
Tes tulis
Tes lisan
Performance kelompok
|
Isian singkat
essay
Rubrik penilaian tes lisan
Rubrik penilaian kelompok
|
1.
Sebutkan
benda-benda yang kamu tahu
2.
Sebutkan
kegunaan benda yang kamu ketahui
3.
Amatilah
benda-benda yang kalian kenal, dan sebutkan
4.
Kelompokkan
benda yang kalian kenal dengan kegunaannya
|
4 × 35 menit
|
Buku paket IPA kelas 2 BSE
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar