PROGRAM
SEMESTER
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan : MI
Muhammadiyah 23 Surabaya
Kelas / Program : 2
(Dua)
Semester :
1 (Satu)
Tahun Pelajaran :
2015-2016
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Semester 1
(satu)
|
|||||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
|||||||||||||||||||||||||||||
1
|
Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui
pengamatan
|
1.
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh hewan
2.
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh tumbuhan
3.
Membandingkan
bagian-bagian tubuh hewan yang berbeda
4.
Membandingkan
bagian-bagian tubuh tumbuhan yang berbeda
|
Bagian utama
tubuh hewan dan tumbuhan
|
8jp
|
Halal Bihalal
|
x
x
|
2
2
|
Lomba Agustusan
|
2
2
|
UH 1
|
LHB
|
LHB
|
Kegiatan Tengah Semester
|
Ujian Akhir Semester
|
Libur Semester 1
|
Libur S emester 1
|
||||||||||||||||||
2
|
Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan
(dari biji menjadi tanaman)
|
1.
Melakukan
eksperimen menanam biji kacang hijau
2.
Membuat
laporan hasil eksperimen pertumbuhan kacang hijau
3.
Menyebutkan
tahap-tahap pertumbuhan tumbuhan
4.
Melengkapi
tahapan pertumbuhan tumbuhan sesuai susunannya
5.
Menyebutkan
tahap-tahap pertumbuhan hewan
6.
Menjelaskan
pertumbuhan hewan dari kecil hingga tumbuh dewasa
|
Pertumbuhan
hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
|
10jp
|
2
2
|
2
2
|
2
|
4
|
4
|
2
2
|
2
2
|
2
2
|
2
2
|
2
2
|
2
2
|
4
|
2
2
|
2
2
|
2
2
|
|||||||||||||||
3
|
Mengidentifikasi
berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
|
1.
Menyebutkan
tempat hidup makhluk hidup (air,
tanah, dan tempat lainnya)
2.
Membedakan
tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
|
tempat hidup
makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya
|
8jp
|
||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
Mengidentifikasi
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
|
1.
Menyebutkan
hewan yang menguntungkan
2.
Menyebutkan
hewan yang membahayakan
3.
Menyebutkan
tumbuhan yang menguntungkan
4.
Menyebutkan
tumbuhan yang membahayakan
5.
Menjelaskan
kegunaan hewan yang menguntungkan
6.
Menjelaskan
alasan hewan yang membahayakan
7.
Menjelaskan
kegunaan tumbuhan yang menguntungkan
8.
Menjelaskan
alasan tumbuhan yang membahayakan
|
makhluk hidup
yang menguntungkan dan membahayakan
|
10jp
|
||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
Mengidentifikasi
ciri–ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
|
1.
Menyebutkan
contoh benda cair di lingkungan sekitar
2.
Menyebutkan
contoh benda padat di lingkungan sekitar
3.
Menjelaskan
ciri-ciri benda padat di lingkungan sekitar
4.
Menjelaskan
ciri-ciri benda cair di lingkungan sekitar
|
ciri–ciri
benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
|
10jp
|
||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Menunjukkan
perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat
dari kondisi tertentu
|
1.
Melakukan
eksperimen perubahan wujud tepung menjadi adonan
2.
Menunjukkan
perubahan bentuk dan wujud benda
|
perubahan
bentuk dan wujud benda
|
10jp
|
||||||||||||||||||||||||||||||
7
|
Mengidentifikasi
benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
|
1.
Menyebutkan
benda-benda yang dikenal
2.
Menyebutkan
kegunaan benda
3.
Mengamati
benda-benda yang dikenal serta kegunaannya
4.
Mengelompokkan
benda yang dikenal serta kegunaannya
|
benda-benda
yang dikenal dan kegunaannya
|
10jp
|
||||||||||||||||||||||||||||||
Surabaya, 05 Agustus 2015
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran
(DZUL FANNY S.Th.I) (SITI LATIFAH A.Ma)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar