Selasa, 06 Oktober 2015

Promes IPA kelas II smt 1



PROGRAM SEMESTER

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan      : MI Muhammadiyah 23 Surabaya
Kelas / Program           : 2 (Dua)
Semester                      : 1 (Satu)
Tahun Pelajaran           : 2015-2016

No
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Semester 1 (satu)
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
1
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan

1.      Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
2.      Menyebutkan bagian-bagian tubuh tumbuhan
3.      Membandingkan bagian-bagian tubuh hewan yang berbeda
4.      Membandingkan bagian-bagian tubuh tumbuhan yang berbeda

Bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
8jp




Halal Bihalal
x


x
2

2
Lomba Agustusan





2



2


























UH 1













LHB







































LHB













Kegiatan Tengah Semester
















































































Ujian Akhir Semester
Libur Semester 1
Libur S emester 1
2
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)

1.      Melakukan eksperimen menanam biji kacang hijau
2.      Membuat laporan hasil eksperimen pertumbuhan kacang hijau
3.      Menyebutkan tahap-tahap pertumbuhan tumbuhan
4.      Melengkapi tahapan pertumbuhan tumbuhan sesuai susunannya
5.      Menyebutkan tahap-tahap pertumbuhan hewan
6.      Menjelaskan pertumbuhan hewan dari kecil hingga tumbuh dewasa
Pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
10jp









2


2











2



2

















2





















4




























4









































2



2




















































2



2

















































2



2
























































2


2




























































2

2




































































2

2





































































4






































































2





2














































































2

2

















































































2

2



3
Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)

1.      Menyebutkan tempat  hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
2.      Membedakan tempat hidup makhluk hidup (air, tanah, dan tempat lainnya)
tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya
8jp
4
Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan

1.      Menyebutkan hewan yang menguntungkan
2.      Menyebutkan hewan yang membahayakan
3.      Menyebutkan tumbuhan yang menguntungkan
4.      Menyebutkan tumbuhan yang membahayakan
5.      Menjelaskan kegunaan hewan yang menguntungkan
6.      Menjelaskan alasan hewan yang membahayakan
7.      Menjelaskan kegunaan tumbuhan yang menguntungkan
8.      Menjelaskan alasan tumbuhan yang membahayakan
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
10jp
5
Mengidentifikasi ciri–ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar

1.      Menyebutkan contoh benda cair di lingkungan sekitar
2.      Menyebutkan contoh benda padat di lingkungan sekitar
3.      Menjelaskan ciri-ciri benda padat di lingkungan sekitar
4.      Menjelaskan ciri-ciri benda cair di lingkungan sekitar
ciri–ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
10jp
6
Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu

1.      Melakukan eksperimen perubahan wujud tepung menjadi adonan
2.      Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda
perubahan bentuk dan wujud benda
10jp
7
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan

1.      Menyebutkan benda-benda yang dikenal
2.      Menyebutkan kegunaan benda
3.      Mengamati benda-benda yang dikenal serta kegunaannya
4.      Mengelompokkan benda yang dikenal serta kegunaannya
benda-benda yang dikenal dan kegunaannya
10jp

Surabaya, 05 Agustus 2015
Kepala Sekolah,                                                                                                                                                                      Guru Mata Pelajaran




(DZUL FANNY S.Th.I)                                                                                                                                                       (SITI LATIFAH A.Ma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar