Nilailah diri
anda secara jujur untuk motivasi diri dan pengembangan pribadi diri anda
agar menjadi
lebih baik.
Self
Assesment :
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Keterangan
|
|
1
|
Kognitif
|
a. Pemahaman materi
|
|
|
|
|
|
b. Rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
|
||
c. Penyampaian materi
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Afektif
|
a.
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
b.
Kerapian
dalam berbusana
|
|
|
|
|
|
||
c.
Percaya
diri
|
|
|
|
|
|
||
d.
Keaktifan
|
|
|
|
|
|
||
e.
Tanggung
jawab
|
|
|
|
|
|
||
f.
Kejujuran
|
|
|
|
|
|
||
g.
Keberanian
|
|
|
|
|
|
||
h.
Keuletan
|
|
|
|
|
|
||
i.
Kepedulian
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Psikomotorik
|
a. Komunikatif
|
|
|
|
|
|
b. Kerjasama dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
||
c. Menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
|
My Self
Name :
1.
Penilaian
pada Ranah Kognitif :
a.
Kriteria
penilaian pada aspek pemahaman materi
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Cepat
paham dalam menerima materi
|
3
|
Paham
jika dijelaskan temannya
|
2
|
Butuh
waktu lama untuk memahami materi
|
1
|
Tidak
dapat memahami segala materi yang diterima
|
b.
Kriteria
penilaian pada aspek rasa ingin tahu
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
ingin tahu dalam segala hal
|
3
|
Memiliki
rasa ingin tahu pada sesuatu yang lebih menarik
|
2
|
Memiliki
rasa ingin tahu pada hal yang tak berguna
|
1
|
Menganggap
masa bodoh dalam segala hal
|
c.
Kriteria
penilaian pada aspek penyampaian materi
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
menyampaikan materi dengan baik dan benar
|
3
|
Penyampaiannya
kurang mengacu pada materi yang ada
|
2
|
Kebanyakan
tidak nyambung antara materi dengan apa yang disampaikan
|
1
|
Tidak
ada keterkaitan sama sekali antara materi dengan apa yang disampaikan
|
2.
Penilaian
pada Ranah Afektif :
a.
Kriteria
penilaian pada aspek kedisiplinan
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
menjalankan tata tertib tanpa diingatkan
|
3
|
Melaksanakan
jika diingatkan
|
2
|
Kadang-kadang
melaksanakan
|
1
|
Tidak
pernah menjalankan tata tertib
|
b.
Kriteria
penilaian pada aspek kerapian dalam berbusana
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
rapi dan sopan tanpa diingatkan
|
3
|
Rapi
dan sopan jika diingatkan
|
2
|
Kadang-kadang
rapi dan sopan jika diingatkan
|
1
|
Kumuh,
berantakan, dan lain-lain
|
c.
Kriteria
penilaian pada aspek percaya diri
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
percaya diri mengungkapkan pendapatnya dihadapan guru maupun teman-temannya
|
3
|
Percaya
diri diwaktu-waktu tertentu
|
2
|
Percaya
diri hanya dengan teman
|
1
|
Pemalu,
pendiam, tidak pernah Percaya diri dihadapan siapapun
|
d.
Kriteria
penilaian pada aspek keaktifan
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
aktif dalam segala hal
|
3
|
Kadang-kadang
aktif
|
2
|
Jarang
aktif
|
1
|
Tidak
aktif sama sekali
|
e.
Kriteria
penilaian pada aspek tanggung jawab
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
bertanggung jawab dalam tugasnya
|
3
|
Bertanggung
jawab jika diingatkan
|
2
|
Kadang-kadang
bertanggung jawab
|
1
|
Tidak
pernah bertanggung jawab dalam tugasnya
|
f.
Kriteria
penilaian pada aspek kejujuran
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
jujur dalam segala hal (sesuainya omongan dengan kenyataan)
|
3
|
Jujur
jika diingatkan
|
2
|
Jujur
hanya beberapa kali
|
1
|
Selalu
berbohong, tidak dapat dipercaya
|
g.
Kriteria
penilaian pada aspek keberanian
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
100%
selalu berani dalam menghadapi masalah
|
3
|
50%
berani dan 50% takut dalam menghadapi masalah
|
2
|
70%
takut dan 30% berani dalam menghadapi masalah
|
1
|
100%
takut dalam menghadapi masalah
|
h.
Kriteria
penilaian pada aspek keuletan
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
ulet dan terampil dalam mengerjakan segala hal
|
3
|
Ulet
dan terampil jika dilihat temannya
|
2
|
Jarang
ulet dan terampil dalam segala sesuatu
|
1
|
Tidak
pernah ulet dalam mengerjakan sesuatu
|
i.
Kriteria
penilaian pada aspek kepedulian
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
peduli sesama makhluk sosial
|
3
|
Peduli
jika diingatkan
|
2
|
Peduli
hanya dengan lingkup keluarga
|
1
|
Enggan
untuk peduli sesama makhluk sosial
|
3.
Penilaian
pada Ranah Psikomotorik :
a.
Kriteria penilaian pada aspek komunikatif
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
aktif bertanya jawab serta lancar dalam mengemukakan pendapat baik dengan
guru maupun temannya
|
3
|
Dapat
berkomunikasi dengan baik dengan bantuan temannya
|
2
|
Jarang
dapat berkomunikasi dengan baik
|
1
|
Tidak
dapat berkomunikasi dengan baik
|
b.
Kriteria
penilaian pada aspek kerjasama dalam kelompok
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
bekerja sama dengan baik, dengan siapapun saya berkelompok (friendly)
|
3
|
Kerjasama
jika diingatkan
|
2
|
Bekerjasama
jika kelompok tersebut ada teman dekatnya
|
1
|
Enggan
untuk bekerjasama dengan siapapun saya berkelompok
|
c.
Kriteria
penilaian pada aspek menyelesaikan masalah
Skor
|
Kriteria Penilaian
|
4
|
Selalu
menyelesaikan masalah tanpa mengeluh, dan tepat pada waktunya
|
3
|
Kadang-kadang
menyelesaikan masalah dengan sendirinya dengan waktu yang mepet
|
2
|
Meyelesaikan
masalah dengan bantuan serta dukungan temannya
|
1
|
Menyelesaikan
masalah dengan mengeluh dan mudah berputus asa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar