Senin, 19 Oktober 2015

Silabus Tema 3 Subtema 1



SILABUS
TEMA 3 SUBTEMA 1
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pembelakaran 1
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
3.5.1 Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang
dihubungkan dengan satuan waktu.
4.5.1 Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam.
Waktu/jam
Observing:
1.   Siswa mengamati gambar Siti menyapu di kamar
2.   Siswa membaca teks “Tugasku di Pagi Hari”
3.   Siswa memperhatikan gambar Siti melakukan beberapa gerakan
4.   Siswa memperhatikan gambar jam analog
Questioning:
1.  Siswa menanya tentang gambar Siti menyapu di kamar
2.  Siswa menanya tentang tugas siswa di rumah
3.  Siswa bertanya kepada beberapa temannya tentang tugas temannya di rumah setiap pagi dan menuliskan di kolom yang telah disediakan di buku siswa
Exploring:
1.     Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, badan, tangan, kaki
2.     Siswa berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.     Siswa menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam
4.     Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga pada waktu tertentu
Asociating:
1.     Siswa menyebutkan beberapa aturan yang berlaku berkaitan dengan tugas teman dalam kehidupan seharihari di rumah
2.     Siswa mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari
3.     Siswa menulis perbedaan antara melakukan gerakan sesudah bangun tidur
Comunicating:
1.        Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.        Siswa mempraktikkan beberapa tugas yang dilakukan di rumah ke depan kelas secara bergantian
3.        Siswa menulis yang dirasakannya ketika bangun tidur setelah melakukan gerakan kepala, badan, tangan, dan kaki
4.        Siswa menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu
5.        Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat
1.     Sikap
2.     Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.     Keterampilan
5 JP
·    Buku Penunjang
·    Lingkungan Sekitar
SBDP
3.3 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.11.1 Menirukan gerakan bermain
melalui gerakan kepala,
tangan, kaki, dan badan
berdasarkan pengamatan
secara langsung atau melalui media.
Gerakan Bermain
PKN
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
3.2.1 Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
3.2.2 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Tata tertib di rumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.3.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
EYD





Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pembelajaran 2
PKN
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
3.2.2 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai
dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
3.2.3 Menunjukkan beberapa  contoh perilaku yang bertentangan dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.4 Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.5 Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
Tata tertib di rumah dan sekolah
Observing:
1.   Siswa mengamati teks bacaan tentang Siti melakukan kegiatan jogging di pagi hari, pemanasan, dan pendinginan
Questioning:
1.     Siswa menanya tentang lari pagi, gerakan pemanasan dan pendinginan
Exploring:
1.     Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik
2.     Siswa mendiskusikan tentang tugas menjaga kebugaran tubuh
3.     Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dan yang bertentangan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.     Siswa mendiskusikan tentang manfaat dipatuhinya dan dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Asociating:
1.     Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dan dilarang yang dilakukan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik
2.     Siswa memberikan tanda centang (v) pada kegiatan yang diperbolehkan dan silang (x) yang dilarang sebelum melakukan lari
3.     Siswa memberikan tanda centang (v) untuk kegiatan yang menunjukkan tugas sesuai tata tertib dan (x) yang tidak sesuai dengan tata tertib
4.     Siswa menentukan kesesuaian perilaku yang biasa dilakukan dengan tata tertib
Comunicating:
1.     Siswa menceritakan kegiatan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan sebelum berlari
2.     Siswa menulis perilaku yang biasa di lakukan di rumah
3.    Siswa menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga
1.   Sikap
2.   Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.  Keterampilan
5JP
·    Buku Penunjang
·    Lingkungan Sekitar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.3.2 Menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga.
4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
EYD
PJOK
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisik.
3.10.2 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas
fisik.
3.10.3 Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas
fisik.
4.10.1 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum
melakukan aktivitas fisik.
4.10.2 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.
Aktivitas fisik
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya
3.5.2 Menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan jam.
4.5.1 Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam
Waktu/jam




Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pembelajaran 3
SBDP
3.3 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
3.3.1 Mengidentifikasi berbagai
bentuk gerak dalam
kehidupan sehari-hari.
4.11.1 Menirukan gerakan bermain
melalui gerakan kepala,
tangan, kaki, dan badan
berdasarkan pengamatan
secara langsung atau media
yang lain.
Gerakan pohon bambu
Mengamati:
1.   Siswa mengamati gambar “Siti di belakang rumah sedang melihat pohon bambu”
2.   Siswa mengamati gambar “Siti memberi makan burung merpati”
3.   Siswa mengamati teks bacaan tentang hewan dan tumbuhan di sekitar rumah
4.   Siswa mengamati gambar Siti belajar di rumah yang didampingi orang tua
Menanya:
1.     Siswa menanya tentang gerakan burung terbang
2.     Siswa menanya tentang gerakan pohon bambu ditiup angin
3.     Siswa menanya tentang menirukan gerakan hewan dan tumbuhan
4.     Siswa membuat pertanyaan tentang anggota keluarga
Exploring:
1.     Siswa mengidentifikasi berbagai bentuk gerakan tanaman dan hewan dalam kehidupan sehari-hari
2.     Siswa menirukan gerakan burung dan gerakan pohon bambu
3.     Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga
4.     Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga
Asociating:
1.     Siswa menuliskan tugasnya, tugas ayah dan tugas ibu
2.     Siswa mengelompokkan berbagai kegiatan anggota keluarga berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga
3.     Siswa menuliskan tugas Siti setelah pulang sekolah beserta waktunya
4.     Siswa mengelompokkan berbagai kegiatan anggota keluarga berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga
5.     Siswa menuliskan tugas Siti setelah pulang sekolah beserta waktunya
Comunicating:
1.    Siswa menceritakan tugas Siti di rumah di depan temantemannya
1.     Sikap
2.     Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.    Keterampilan
5JP
·    Buku Penunjang
·    Lingkungan Sekitar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga.
3.3.4 Mencatat peran masingmasing anggota keluarga.
4.3.5 Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.
Peran anggota keluarga
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya
3.5.6 Menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum panjang) untuk waktu
tertentu.
4.5.3 Menggambarkan letak jarum jam yang menyatakan waktu tertentu.
Waktu/jam

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pembelajaran 4
PKN
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
3.2.2 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai
dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
4.2.1 Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari
Dokumen Keluarga
Mengamati:
1.     Siswa mengamati gambar Ayah dan Ibu merapikan lemari yang dibantu oleh Siti dan Ali menata rapor dan lembarlembaran kertas
2.     Siswa mengamati dokumen pribadi dan keluarga
3.     Siswa mengamati demonstrasi guru menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sambil bertepuk tangan dan jalan di tempat dengan berbagai pola birama
4.     Siswa memperhatikan gambar tentang kegiatan merapikan dokumen keluarga
Menanya:
1.     Siswa membuat pertanyaan tentang teks bacaan berkaitan dengan contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku
2.     Siswa menanya tentang perbedaan dokumen keluarga yang di rumah dengan dokumen keluarga Siti
Exploring:
1.     Siswa mempraktikkan tugas Siti di rumah ke depan kelas
2.     Siswa mengidentifikasi berbagai pola lagu yang didemonstrasikan guru
Asociating:
1.     Siswa menulis tugas yang dilakukan Siti dalam membantu orang tua
Comunicating:
1.    Siswa menyanyikan lagu “Menanam Jagung” dengan gerakan tepuk tangan dan jalan di tempat dengan pola birama empat
1.  Sikap
2.  Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.   Keterampilan
5JP
·    Buku Penunjang
·    Lingkungan Sekitar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.3.5 Mengidentifikasi dokumen milik keluarga.
4.3.2 Menulis teks buku harian tentang dokumen milik keluarga.
Menulis buku harian ttg Dokumen Keluarga
SBDP
3.3 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
3.3.2Mengelompokkan
berbagai gerak dengan
memperhatikan tempo
gerak.
4.11.2 Menirukan gerakan berkebun
melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau media yang lain.
Menyanyikan lagu dg gerakan mencangkul


Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pembelajaran 5
PJOK
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10 Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10.2Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah
melakukan aktivitas fisik.
3.10.3Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah
melakukan aktivitas fisik.
4.10.1 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah
melakukan aktivitas fisik.
4.10.2 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.
Gerakan Bola Kasti
Observing:
1.     Siswa mengamati teks dan gambar “Bermain Bola Kasti”
2.     Siswa memperhatikan gambar gerakan pemanasan, gerakan permainan bola kasti, dan gerakan pendinginan
3.     Siswa mengamati gambar Ibu memasak di dapur dan Siti sedang menyapu halaman
4.     Siswa menjawab pertanyaan tentang gerakan menyapu yang dilakukan Siti
Questioning:
1.     Siswa menanya tentang kegiatan yang dapat menjaga kebugaran tubuh
2.     Siswa menanya tentang dokumen keluarga yang dimiliki teman
Exploring:
1.     Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik
2.     Siswa mencatat dokumen keluarga yang dimiliki teman
3.     Siswa berdiskusi tentang contoh perilaku yang bertentangan dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Asociating:
1.     Siswa mengelompokkan kegiatan yang boleh dan tak boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik
2.     Siswa menyimpulkan alasan tidak diperbolehkan melakukan gerakan yang menguras energi dan makan makanan dingin setelah bermain kasti
3.     Siswa menulis tugas yang dilakukan Siti yang ditemukan dalam uraian pada buku siswa
Comunicating:
1.     Siswa menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan dan yang perlu dihindari setelah melakukan permainan kasti
2.     Siswa menceritakan dokumen keluarga di depan kelas
3.     Siswa menjelaskan manfaat mematuhi aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.     Siswa mempraktikkan tugas yang dilakukan Siti yang ditemukan dalam uraian pada buku siswa
1.    Sikap
2.    Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.   Keterampilan
5JP
·    Buku Penunjang
·    Lingkungan Sekitar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.3.6 Menceritakan dokumen milik keluarga.
4.3.4 Membacakan teks buku harian dokumen milik keluarga yang telah ditulis.
Dokumen keluarga
PKN
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
3.2.4 Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Aturan di rumah

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pembelajaran 6
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
3.2.2 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
3.2.5 Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2 Bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.3 Menegur anggota
keluarga yang melakukan pelanggaran
terhadap aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Dokumen di keluarga
Observing:
1.     Siswa mengamati teks bacaan tentang aturan dirumah
2.     Guru membimbing siswa untuk menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum panjang) untuk waktu tertentu dengan disiplin.
Questioning:
1.     Siswa menanya tentang kegiatan membantu orang tua merawat dokumen yang pernah dilakukan
2.     Siswa menanya tentang cara merawat dokumen keluarga
Exploring:
1.     Siswa berdiskusi tentang akibat melanggar aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.     Siswa berdiskusi tentang tanggung jawab atas pelanggaran terhadap aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.     Siswa mencatat hal-hal pokok berdasarkan dokumen milik keluarga berupa isi kartu keluarga
4.     Siswa mengidentifikasi gerak simbolik
Asociating:
1.     Siswa menyebutkan seluruh aturan di rumah
2.     Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.     Siswa menyebutkan kegunaan masing-masing dokumen milik keluarga
4.     Siswa menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum panjang) untuk waktu tertentu
Comunicating:
1.     Siswa menceritakan pengalamannya melanggar aturan
2.     Siswa berdiskusi tentang menegur anggota keluarga yang melakukan pelanggaran terhadap aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.     Siswa menunjukkan sikap menjaga dokumen milik keluarga
4.    Siswa menjelaskan alasan pendapatnya di depan kelas
1.    Sikap
2.    Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.  Keterampilan
5JP
·    Buku Penunjang
·    Lingkungan Sekitar
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya
3.5.6 Menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum panjang) untuk waktu tertentu.
4.5.3 Menggambarkan
letak jarum jam yang
menyatakan waktu tertentu.
Ketentuan waktu
PKN
3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
3.2.2 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
3.2.5 Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2 Bertanggung jawab atas pelanggaran
terhadap aturan dalam
kehidupan sehari-hari
di rumah.
4.2.3 Menegur anggota
keluarga yang melakukan pelanggaran
terhadap aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Aturan di rumah
SBDP
3.3 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
3.3.3 Mengidentifikasi gerak simbolik.
4.11.3 Menirukan gerakan bekerja melalui gerakan kepala,
tangan, kaki, dan badan
berdasarkan pengamatan
secara langsung atau media yang lain.
Gerak simbolik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar