SILABUS
TEMA 3 SUBTEMA 1
Mata Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
Pembelakaran 1
|
Matematika
|
3.5
Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar.
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang,
selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
|
3.5.1
Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang
dihubungkan
dengan satuan waktu.
4.5.1
Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam.
|
Waktu/jam
|
Observing:
1.
Siswa
mengamati gambar Siti menyapu di kamar
2.
Siswa membaca
teks “Tugasku di Pagi Hari”
3.
Siswa
memperhatikan gambar Siti melakukan beberapa gerakan
4.
Siswa
memperhatikan gambar jam analog
Questioning:
1. Siswa menanya tentang gambar Siti menyapu di kamar
2. Siswa menanya tentang tugas siswa di rumah
3. Siswa bertanya kepada beberapa temannya tentang tugas temannya di
rumah setiap pagi dan menuliskan di kolom yang telah disediakan di buku siswa
Exploring:
1.
Siswa
menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, badan, tangan, kaki
2.
Siswa
berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
3.
Siswa
menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam
4.
Siswa
mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga pada waktu tertentu
Asociating:
1.
Siswa
menyebutkan beberapa aturan yang berlaku berkaitan dengan tugas teman dalam
kehidupan seharihari di rumah
2.
Siswa
mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari
3.
Siswa menulis
perbedaan antara melakukan gerakan sesudah bangun tidur
Comunicating:
1.
Siswa
menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.
Siswa mempraktikkan
beberapa tugas yang dilakukan di rumah ke depan kelas secara bergantian
3.
Siswa menulis
yang dirasakannya ketika bangun tidur setelah melakukan gerakan kepala,
badan, tangan, dan kaki
4.
Siswa
menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu
5.
Siswa menulis
teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat
|
1.
Sikap
2.
Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.
Keterampilan
|
5 JP
|
· Buku Penunjang
·
Lingkungan
Sekitar
|
SBDP
|
3.3
Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan,
kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
|
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
4.11.1
Menirukan gerakan bermain
melalui
gerakan kepala,
tangan,
kaki, dan badan
berdasarkan
pengamatan
secara
langsung atau melalui media.
|
Gerakan
Bermain
|
|||||
PKN
|
3.2
Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan di sekolah.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
|
3.2.1
Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari
di rumah.
3.2.2
Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku
dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1
Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
Tata tertib
di rumah dan sekolah
|
|||||
Bahasa Indonesia
|
3.3
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga.
4.3.1
Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
|
EYD
|
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
Pembelajaran
2
|
PKN
|
3.2 Memahami
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah.
4.2
Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
|
3.2.2
Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai
dengan aturan
yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
3.2.3
Menunjukkan beberapa contoh perilaku
yang bertentangan dengan
aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.4
Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2.5
Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1
Berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan
sehari-hari di rumah.
|
Tata tertib
di rumah dan sekolah
|
Observing:
1.
Siswa
mengamati teks bacaan tentang Siti melakukan kegiatan jogging di pagi hari,
pemanasan, dan pendinginan
Questioning:
1.
Siswa menanya
tentang lari pagi, gerakan pemanasan dan pendinginan
Exploring:
1.
Siswa
mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan
aktivitas fisik
2.
Siswa
mendiskusikan tentang tugas menjaga kebugaran tubuh
3.
Siswa
menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dan yang bertentangan dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.
Siswa
mendiskusikan tentang manfaat dipatuhinya dan dilanggarnya aturan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
Asociating:
1.
Siswa
mengelompokkan kegiatan yang boleh dan dilarang yang dilakukan sebelum dan
sesudah melakukan aktivitas fisik
2.
Siswa
memberikan tanda centang (v)
pada kegiatan yang diperbolehkan dan silang (x) yang dilarang sebelum
melakukan lari
3.
Siswa
memberikan tanda centang (v)
untuk kegiatan yang menunjukkan tugas sesuai tata tertib dan (x) yang tidak
sesuai dengan tata tertib
4.
Siswa
menentukan kesesuaian perilaku yang biasa dilakukan dengan tata tertib
Comunicating:
1.
Siswa
menceritakan kegiatan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan sebelum
berlari
2.
Siswa menulis
perilaku yang biasa di lakukan di rumah
3. Siswa menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga
|
1.
Sikap
2.
Pengetahuan
(Tes
Tulis)
3. Keterampilan
|
5JP
|
· Buku Penunjang
· Lingkungan Sekitar
|
Bahasa
Indonesia
|
3.3 Mengenal
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
3.3.2
Menceritakan berbagai kegiatan anggota keluarga.
4.3.2
Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
|
EYD
|
|||||
PJOK
|
3.10
Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan
aktivitas fisik.
4.10
Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah
melakukan aktivitas fisik.
|
3.10.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sebelum melakukan
aktivitas fisik.
3.10.2
Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas
fisik.
3.10.3
Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas
fisik.
4.10.1
Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan sebelum
melakukan
aktivitas fisik.
4.10.2
Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari sebelum melakukan aktivitas fisik.
|
Aktivitas fisik
|
|||||
Matematika
|
3.5 Mengenal
satuan waktu dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar.
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang,
selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya
|
3.5.2
Menentukan lama suatu kegiatan menggunakan satuan jam.
4.5.1
Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam
|
Waktu/jam
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
Pembelajaran 3
|
SBDP
|
3.3
Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan,
kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
|
3.3.1
Mengidentifikasi berbagai
bentuk
gerak dalam
kehidupan
sehari-hari.
4.11.1
Menirukan gerakan bermain
melalui
gerakan kepala,
tangan,
kaki, dan badan
berdasarkan
pengamatan
secara
langsung atau media
yang
lain.
|
Gerakan pohon
bambu
|
Mengamati:
1. Siswa mengamati gambar “Siti di belakang rumah sedang melihat
pohon bambu”
2. Siswa mengamati gambar “Siti memberi makan burung merpati”
3. Siswa mengamati teks bacaan tentang hewan dan tumbuhan di sekitar
rumah
4. Siswa mengamati gambar Siti belajar di rumah yang didampingi
orang tua
Menanya:
1.
Siswa menanya
tentang gerakan burung terbang
2.
Siswa menanya
tentang gerakan pohon bambu ditiup angin
3.
Siswa menanya
tentang menirukan gerakan hewan dan tumbuhan
4.
Siswa membuat
pertanyaan tentang anggota keluarga
Exploring:
1.
Siswa
mengidentifikasi berbagai bentuk gerakan tanaman dan hewan dalam kehidupan
sehari-hari
2.
Siswa
menirukan gerakan burung dan gerakan pohon bambu
3.
Siswa
mencatat peran masing-masing anggota keluarga
4.
Siswa
mencatat peran masing-masing anggota keluarga
Asociating:
1.
Siswa
menuliskan tugasnya, tugas ayah dan tugas ibu
2.
Siswa
mengelompokkan berbagai kegiatan anggota keluarga berdasarkan peran
masing-masing anggota keluarga
3.
Siswa
menuliskan tugas Siti setelah pulang sekolah beserta waktunya
4.
Siswa
mengelompokkan berbagai kegiatan anggota keluarga berdasarkan peran
masing-masing anggota keluarga
5.
Siswa
menuliskan tugas Siti setelah pulang sekolah beserta waktunya
Comunicating:
1.
Siswa
menceritakan tugas Siti di rumah di depan temantemannya
|
1.
Sikap
2.
Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.
Keterampilan
|
5JP
|
· Buku Penunjang
· Lingkungan Sekitar
|
Bahasa Indonesia
|
3.3
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik
keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
3.3.3
Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga.
3.3.4
Mencatat peran masingmasing anggota keluarga.
4.3.5
Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.
|
Peran anggota
keluarga
|
|||||
Matematika
|
3.5
Mengenal satuan waktu dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan sekitar.
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang,
selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya
|
3.5.6
Menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum panjang) untuk waktu
tertentu.
4.5.3
Menggambarkan letak jarum jam yang menyatakan waktu tertentu.
|
Waktu/jam
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
Pembelajaran 4
|
PKN
|
3.2 Memahami
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
|
3.2.2
Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai
dengan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
di
rumah.
4.2.1
Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari
|
Dokumen
Keluarga
|
Mengamati:
1.
Siswa
mengamati gambar Ayah dan Ibu merapikan lemari yang dibantu oleh Siti dan Ali
menata rapor dan lembarlembaran kertas
2.
Siswa
mengamati dokumen pribadi dan keluarga
3.
Siswa
mengamati demonstrasi guru menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sambil bertepuk
tangan dan jalan di tempat dengan berbagai pola birama
4.
Siswa
memperhatikan gambar tentang kegiatan merapikan dokumen keluarga
Menanya:
1.
Siswa membuat
pertanyaan tentang teks bacaan berkaitan dengan contoh perilaku yang sesuai
dengan aturan yang berlaku
2.
Siswa menanya
tentang perbedaan dokumen keluarga yang di rumah dengan dokumen keluarga Siti
Exploring:
1.
Siswa
mempraktikkan tugas Siti di rumah ke depan kelas
2.
Siswa
mengidentifikasi berbagai pola lagu yang didemonstrasikan guru
Asociating:
1.
Siswa menulis
tugas yang dilakukan Siti dalam membantu orang tua
Comunicating:
1.
Siswa
menyanyikan lagu “Menanam Jagung” dengan gerakan tepuk tangan dan jalan di
tempat dengan pola birama empat
|
1. Sikap
2. Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.
Keterampilan
|
5JP
|
· Buku Penunjang
· Lingkungan Sekitar
|
Bahasa Indonesia
|
3.3 Mengenal
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3Mengungkapkan
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
3.3.5
Mengidentifikasi dokumen milik keluarga.
4.3.2
Menulis teks buku harian tentang dokumen milik keluarga.
|
Menulis buku
harian ttg Dokumen Keluarga
|
|||||
SBDP
|
3.3 Memahami
gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan,
kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
|
3.3.2Mengelompokkan
berbagai
gerak dengan
memperhatikan
tempo
gerak.
4.11.2
Menirukan gerakan berkebun
melalui
gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara
langsung atau media yang lain.
|
Menyanyikan
lagu dg gerakan mencangkul
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
Pembelajaran 5
|
PJOK
|
3.10
Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan
aktivitas fisik.
4.10
Menceritakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah
melakukan aktivitas fisik.
|
3.10.1
Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktivitas
fisik.
3.10.2Mengelompokkan
kegiatan yang boleh dilakukan setelah
melakukan
aktivitas fisik.
3.10.3Mengelompokkan
kegiatan yang perlu dihindari setelah
melakukan
aktivitas fisik.
4.10.1
Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah
melakukan
aktivitas fisik.
4.10.2
Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.
|
Gerakan Bola Kasti
|
Observing:
1.
Siswa
mengamati teks dan gambar “Bermain Bola Kasti”
2.
Siswa
memperhatikan gambar gerakan pemanasan, gerakan permainan bola kasti, dan gerakan
pendinginan
3.
Siswa
mengamati gambar Ibu memasak di dapur dan Siti sedang menyapu halaman
4.
Siswa
menjawab pertanyaan tentang gerakan menyapu yang dilakukan Siti
Questioning:
1.
Siswa menanya
tentang kegiatan yang dapat menjaga kebugaran tubuh
2.
Siswa menanya
tentang dokumen keluarga yang dimiliki teman
Exploring:
1.
Siswa
mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan
aktivitas fisik
2.
Siswa
mencatat dokumen keluarga yang dimiliki teman
3.
Siswa
berdiskusi tentang contoh perilaku yang bertentangan dengan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Asociating:
1.
Siswa
mengelompokkan kegiatan yang boleh dan tak boleh dilakukan setelah melakukan
aktivitas fisik
2.
Siswa
menyimpulkan alasan tidak diperbolehkan melakukan gerakan yang menguras
energi dan makan makanan dingin setelah bermain kasti
3.
Siswa menulis
tugas yang dilakukan Siti yang ditemukan dalam uraian pada buku siswa
Comunicating:
1.
Siswa
menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan dan yang perlu dihindari setelah
melakukan permainan kasti
2.
Siswa
menceritakan dokumen keluarga di depan kelas
3.
Siswa
menjelaskan manfaat mematuhi aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.
Siswa
mempraktikkan tugas yang dilakukan Siti yang ditemukan dalam uraian pada buku
siswa
|
1.
Sikap
2.
Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.
Keterampilan
|
5JP
|
· Buku Penunjang
· Lingkungan Sekitar
|
Bahasa Indonesia
|
3.3 Mengenal
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
3.3.6
Menceritakan dokumen milik keluarga.
4.3.4
Membacakan teks buku harian dokumen milik keluarga yang telah ditulis.
|
Dokumen keluarga
|
|||||
PKN
|
3.2 Memahami
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah.
4.2Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah.
|
3.2.4
Menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1
Berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
Aturan di rumah
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
Pembelajaran 6
|
Bahasa Indonesia
|
3.3 Mengenal
teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
3.2.2
Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari
di
rumah.
3.2.5
Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2
Bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap aturan dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
4.2.3
Menegur anggota
keluarga
yang melakukan pelanggaran
terhadap
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
Dokumen di keluarga
|
Observing:
1.
Siswa
mengamati teks bacaan tentang aturan dirumah
2.
Guru
membimbing siswa untuk menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum
panjang) untuk waktu tertentu dengan disiplin.
Questioning:
1.
Siswa menanya
tentang kegiatan membantu orang tua merawat dokumen yang pernah dilakukan
2.
Siswa menanya
tentang cara merawat dokumen keluarga
Exploring:
1.
Siswa
berdiskusi tentang akibat melanggar aturan dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
2.
Siswa
berdiskusi tentang tanggung jawab atas pelanggaran terhadap aturan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
3.
Siswa
mencatat hal-hal pokok berdasarkan dokumen milik keluarga berupa isi kartu
keluarga
4.
Siswa
mengidentifikasi gerak simbolik
Asociating:
1.
Siswa
menyebutkan seluruh aturan di rumah
2.
Siswa
menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
3.
Siswa
menyebutkan kegunaan masing-masing dokumen milik keluarga
4.
Siswa
menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum panjang) untuk waktu tertentu
Comunicating:
1.
Siswa
menceritakan pengalamannya melanggar aturan
2.
Siswa
berdiskusi tentang menegur anggota keluarga yang melakukan pelanggaran
terhadap aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.
Siswa
menunjukkan sikap menjaga dokumen milik keluarga
4.
Siswa
menjelaskan alasan pendapatnya di depan kelas
|
1.
Sikap
2.
Pengetahuan
(Tes Tulis)
3. Keterampilan
|
5JP
|
· Buku Penunjang
· Lingkungan Sekitar
|
Matematika
|
3.5
Mengenal satuan waktu dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan sekitar.
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang,
selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya
|
3.5.6
Menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum panjang) untuk waktu tertentu.
4.5.3
Menggambarkan
letak
jarum jam yang
menyatakan
waktu tertentu.
|
Ketentuan waktu
|
|||||
PKN
|
3.2 Memahami
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
|
3.2.2
Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari
di
rumah.
3.2.5
Menjelaskan akibat dilanggarnya aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.2
Bertanggung jawab atas pelanggaran
terhadap
aturan dalam
kehidupan
sehari-hari
di
rumah.
4.2.3
Menegur anggota
keluarga
yang melakukan pelanggaran
terhadap
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
Aturan di rumah
|
|||||
SBDP
|
3.3
Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11
Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan,
kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
|
3.3.3
Mengidentifikasi gerak simbolik.
4.11.3
Menirukan gerakan bekerja melalui gerakan kepala,
tangan,
kaki, dan badan
berdasarkan
pengamatan
secara
langsung atau media yang lain.
|
Gerak simbolik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar