SILABUS
Tema 3 Subtema 2
Mata
Pelajaran
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
Pembelajaran
1
|
Matematika
|
3.5Mengenal
satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar.
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang,
selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
|
Waktu/jam
|
3.5.5
Membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.6
Menulis waktu yang ditunjukkan jarum jam.
|
Observing:
·
Siswa
mengamati gambar tentang kegiatan upacara bendera dengan cermat
·
Siswa membaca
teks bacaan tentang kegiatan upacara bendera pada hari Senin
·
Siswa
mengamati gambar Burung Garuda Pancasila
·
Siswa
mengamati gambar jam analog
Questioning:
·
Siswa membuat
pertanyaan berkaitan dengan tugasnya di sekolah
·
Siswa
bertanya tentang arti simbol-simbol pada gambar Burung Garuda Pancasila
Exploring:
·
Siswa
mengidentifikasi berbagai pola lagu yang didemonstrasikan guru
Asociating:
·
Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan dengan disiplin dan percaya diri
·
Siswa menulis
waktu yang ditunjukkan jarum jam analog dengan cermat
·
Siswa
menuliskan tugasnya di sekolah pada hari Senin pada lembar kerjanya
Comunicating:
·
Siswa
menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan gerakan tepuk tangan dan jalan di
tempat dengan pola birama empat
·
Siswa membaca
jam analog yang menunjukkan waktu tertentu
·
Siswa
mempresentasikan tulisan yang dibuatnya dengan mengaitkan nilai yang ada sila
pertama, kedua dan ketiga
|
1.
Sikap
2.
Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.
Keterampilan
|
28 JP
|
R Buku teks Buku penunjang
R Lingkungan
R Internet
|
SBDP
|
3.2
Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama
rata dengan alat musik ritmis
4.6
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat
|
Lagu
birama tiga dan empat
|
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.6.1
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat.
|
|||||
PKN
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
|
Simbol-simbol
sila
Pancasila
Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
3.1.1
Mengidentifikasi simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.2
Menjelaskan arti simbolsimbol Pancasila
3.1.3
Memberi contoh sikap yang mencerminkan nilai Pancasila
4.1.9
Membuat tabel tentang perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila.
|
|||||
Bahasa
Indonesia
|
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di
lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
Teks
cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
|
3.2.5
Membaca lancar teks bacaan
4.2.1
Menulis catatan tentang tugas sekolah
4.2.6
Mempresentasikan informasi yang ditulis
|
|||||
Pembelajaran
2
|
PJOK
|
3.8
Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan
lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8
Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan lingkungan
kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
|
Cara
menjaga kebersihan kelas
|
3.8.1
Mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan kelas.
4.8.1
Mendemonstrasikan cara membersihkan sesuatu.
4.8.2
Melakukan piket
Membersihkan
lingkungan kelas.
|
Observing:
·
Siswa
mengamati gambar tentang aktivitas siswa di kelas pada pagi hari
·
Siswa membaca
teks bacaan tentang kegiatan piket siswa di kelas pada pagi hari
·
Siswa
mengamati gambar tentang siswa sedang membuat pajangan jam
·
Siswa membaca
waktu yang ditunjukkan jam pada gambar yang diamati
Questioning:
·
Siswa
mengajukan pertanyaan kepada temannya
Exploring:
·
Siswa membuat
pertanyaan tentang pengamalan sila keempat dan kelima Pancasila
·
Siswa
mengerjakan tugas piket di kelas setelah atau sebelum kegiatan belajar
dilakukan
Asociating:
·
Siswa
menjawab pertanyaan yang diajukan temannya
·
Siswa menulis
suatu kegiatan dan menggambar jarum jam yang menunjukkan waktu kegiatan
dilakukan
Comunicating:
·
Siswa
menceritakan kegiatan tentang tugasnya di lingkungan sekolah
|
|||
Matematika
|
3.5Mengenal
satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar.
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang,
selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
|
Pemecahan
masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian,
waktu, panjang, berat benda dan uang
|
3.5.3
Membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.3
Menggambar jam pada waktu tertentu
|
|||||
PKN
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
|
Simbol-simbol
sila
Pancasila
Tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
|
3.1.7
Memberi contoh sikap yang mencerminkan nilai Pancasila
4.1.2
Membuat tabel tentang perilaku yang menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang
sesuai dengan sila Pancasila
|
|||||
Bahasa
Indonesia
|
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di
lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
Teks cerita narasi kegiatan dan bermain di lingkungan sekitar
menggunakan bahasa daerah
|
3.2.7
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis
4.2.2
Menceritakan berbagai tugas di lingkungan sekolah
|
|||||
Pembelajaran
3
|
Bahasa
Indonesia
|
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di
lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
Menceritakan
berbagai jenis kegiatan
|
3.2.5
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas.
4.2.1
Menulis cerita sederhana tentang kegiatan di sekolah
4.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di sekolah.
|
Observing:
·
Siswa
mengamati gambar tentang aktivitas kegiatan bermain tebak-tebakan secara
berpasangan
·
Siswa membaca
petunjuk kerja sederhana tentang tugas membuat kartu jam
·
Siswa
mengamati gambar tentang gambar jam analog
·
Siswa
mengamati lagu “Jika Ku Besar” disertai not angkanya
Questioning:
·
Siswa membuat
pertanyaan tentang aktivitas yang dilakukan pada gambar
Exploring:
·
Siswa membuat
kartu jam berdasarkan petunjuk kerja
·
Siswa bermain
tebak-tebakan menggunakan kartu jam yang dibuat secara berpasangan
Asociating:
·
Siswa
menuliskan waktu yang ditunjukkan pada jam analog
·
Siswa menulis
daftar tugas yang telah dipelajarinya pada hari ini
Comunicating:
·
Siswa
menuliskan kegiatan sekolah yang dilakukan pada jam tersebut
·
Siswa
menyanyikan lagu “Jika Aku Besar” disertai not angkanya disertai gerakan
tepuk tangan dengan ritme yang tepat
·
Siswa membaca
tugas yang telah ditulisnya
|
|||
Matematika
|
3.5Mengenal
satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar.
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya
memeriksa kebenaran jawabannya.
|
Menentukan waktu/jam
|
3.5.5
Membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.6
Menulis waktu yang
ditunjukkan
jarum jam
4.5.7
Membuat kartu jam
4.5.9
Menulis kegiatan yang dilakukan berdasarkan waktu yang ditunjukkan jarum jam
|
|||||
SBDP
|
3.2
Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama
rata dengan alat musik ritmis
4.6
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat
|
Lagu
anak-anak dengan pola irama yang bervariasi
Pola
irama
bervariasi
lagu bertanda
birama
empat
|
3.2.5 Menyanyikan lagu berkaitan dengan
kegiatan sekolah
4.6.1
Melakukan kegiatan tepuk tangan memainkan pola irama bervariasi lagu
|
|||||
Pembelajaran
4
|
PKN
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
|
Simbol-simbol
sila
Pancasila
Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
3.1.4
Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila
3.1.5
Mengidentifikasi perilaku yang tidak mencerminkan nilai Pancasila
3.1.8
Memberikan alasan terhadap perilaku yang diamati berdasarkan nilai Pancasila
4.1.5
Membuat kliping tentang perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila
4.1.6
Membuat kliping tentang perilaku yang tidak mencerminkan nilai Pancasila
|
Observing:
·
Siswa mengamati
syair lagu yang dilantunkan “Pergi Belajar”
·
Siswa
mengamati gambar tentang aktivitas siswa pergi ke sekolah
·
Siswa membaca
teks bacaan tentang tugas siswa di sekolah
Questioning:
·
Siswa membuat
pertanyaan tentang tugas siswa di sekolah
Exploring:
·
Siswa
mengidentifikasi tugas siswa berdasarkan syair pada lagu”Pergi Belajar”
yaitu:
-Meminta izin untuk berangkat sekolah
-Datang tepat waktu ke sekolah
-Menyayangi guru dan teman
-Belajar dengan rajin
·
Siswa
mengidentifikasi perilaku siswa di sekolah dalam sebuah tabel
·
Siswa membuat
kliping tentang gambar perilaku yang mencerminkan nilai kelima sila Pancasila
di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari.
Asociating:
·
Siswa
mendeskripsikan gambar aktivitas siswa pergi ke sekolah
·
Siswa
mengelompokkan perilaku yang mencerminkan dan yang tidak mencerminkan nilai
Pancasila
Comunicating:
·
Siswa
menyanyikan lagu “Pergi Belajar”
·
Siswa
menuliskan hasil identifikasi perilaku ke dalam sebuah tabel
·
Siswa
menuliskan alasan pada perilaku yang telah diidentifikasi pada kliping
·
Siswa
menceritakan perilaku yang ada pada kliping yang dibuatnya di depan kelas
·
Siswa
mendiskusikan perilaku yang ada dalam cerita yang didengar
|
|||
Bahasa
Indonesia
|
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di
lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
Kegiatan di lingkungan sekolah
|
3.2.5
Membaca lancar teks bacaan
4.2.2
Menceritakan pengalaman tentang perilaku berdasarkan nilai Pancasila
|
|||||
SBDP
|
3.2
Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama
rata dengan alat musik ritmis
4.6
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat
|
Memainkan pola irama bervariasi
|
3.2.1
Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.6.1
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat
|
|||||
Pembelajaran
5
|
PJOK
|
3.8
Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan
lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8
Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan
lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
|
Cara
menjaga kebersihan kelas
|
3.8.1
Menulis langkah kerja kegiatan menjaga
kebersihan
kelas.
4.8.1
Mendemonstrasikan
berbagai
kegiatan dalam
menjaga kebersihan kelas
|
Observing:
·
Siswa
mengamati gambar tentang kegiatan siswa membersihkan kelasnya (siswa
mendeskripsikan)
·
Siswa membaca
teks bacaan tentang kegiatan hari Jumat bersih
·
Siswa mengamati
gambar sikap menolong teman
Questioning:
·
Siswa membuat
pertanyaan berkaitan dengan tugas siswa menjaga kebersihan sekolah
·
Guru
membimbing siswa untuk percaya diri dalam membuat langkah kerja membersihkan
papan tulis dengan memberikan pertanyaan untuk menuntun dan menggali gagasan
Exploring:
·
Siswa
mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila dengan tanda
contang (v)
dan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai Pancasila dengan tanda silang (x) di sekolah
pada lembar kerja
Asociating:
·
Siswa
mempraktikkan kegiatan menjaga kebersihan
·
Siswa
mengecek kebersihan kelas yang telah dibersihkan
·
Guru
memberikan pujian terhadap hasil kerja siswa dalam menjaga kebersihan.
Comunicating:
·
Siswa menulis
cerita pengalaman di sekolah tentang sikap menolong
·
Guru meminta
salah satu siswa memeragakan sikap menyapa guru dengan sopan saat berpapasan
di depan kelas dengan percaya diri
·
Siswa
melakukan demonstrasi menyapa guru ketika melakukan kegiatan
|
|||
Bahasa
Indonesia
|
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di
lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
Menceritakan berbagai jenis kegiatan
|
3.2.5
Membaca lancar teks bacaan
4.2.1
Menulis cerita tentang perilaku berdasarkan nilai Pancasila
|
|||||
PKN
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
|
Simbol-simbol
sila
Pancasila
Tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
|
3.1.6
Mengelompokkan
berbagai
kegiatan yang
mencerminkan
nilai
Pancasila
3.18
Memberikan alasan
pengelompokan
suatu
perilaku
dalam kehidupan
sehari-hari
di sekolah
4.1.4
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila
|
|||||
Pembelajaran
6
|
PJOK
|
3.8
Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan
lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8
Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan
lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
|
Cara
menjaga kebersihan kelas
|
3.8.1
Menulis langkah kerja kegiatan menjaga
kebersihan
kelas.
4.8.1
Mendemonstrasikan
berbagai
kegiatan dalam
menjaga kebersihan kelas
|
Observing:
·
Siswa
mengamati gambar tentang kegiatan siswa membersihkan kelasnya
·
Siswa membaca
teks bacaan tentang kegiatan hari Jumat bersih
Questioning:
·
Siswa membuat
pertanyaan berkaitan dengan tugas siswa menjaga kebersihan sekolah
Exploring:
·
Siswa
mendiskusikan jawaban yang didapatkan
Asociating:
·
Siswa
menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan
·
Siswa
melengkapi waktu menurut jadwal tugas di sekolah
·
Siswa membuat
jadwal tugas di sekolah
Comunicating:
·
Siswa
mendeskripsikan gambar yang diamati
·
Siswa
menyanyikan lagu “Pramuka Sejati”
·
Siswa
menuliskan tugas dari pos 1 hingga pos 6 dalam sebuah cerita
|
|||
Bahasa
Indonesia
|
3.2
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
|
Mendemonstrasikan tugas piket sekolah
|
3.2.5
Membaca lancar teks bacaan
4.2.1
Menulis cerita tentang perilaku berdasarkan nilai Pancasila
|
|||||
PKN
|
3.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan
mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
|
Simbol-simbol
sila
Pancasila
Tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah
|
3.1.6
Mengelompokkan
berbagai
kegiatan yang
mencerminkan
nilai
Pancasila
3.18
Memberikan alasan
pengelompokan
suatu
perilaku
dalam kehidupan
sehari-hari
di sekolah
4.1.4
Menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar