Senin, 19 Oktober 2015

Silabus Tematik



SILABUS
Tema 3 Subtema 2
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Pembelajaran 1
Matematika
3.5Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
Waktu/jam
3.5.5 Membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.6 Menulis waktu yang ditunjukkan jarum jam.
Observing:
·         Siswa mengamati gambar tentang kegiatan upacara bendera dengan cermat
·         Siswa membaca teks bacaan tentang kegiatan upacara bendera pada hari Senin
·         Siswa mengamati gambar Burung Garuda Pancasila
·         Siswa mengamati gambar jam analog
Questioning:
·         Siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan tugasnya di sekolah
·         Siswa bertanya tentang arti simbol-simbol pada gambar Burung Garuda Pancasila
Exploring:
·         Siswa mengidentifikasi berbagai pola lagu yang didemonstrasikan guru
Asociating:
·         Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan dengan disiplin dan percaya diri
·         Siswa menulis waktu yang ditunjukkan jarum jam analog dengan cermat
·         Siswa menuliskan tugasnya di sekolah pada hari Senin pada lembar kerjanya
Comunicating:
·         Siswa menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan gerakan tepuk tangan dan jalan di tempat dengan pola birama empat
·         Siswa membaca jam analog yang menunjukkan waktu tertentu
·         Siswa mempresentasikan tulisan yang dibuatnya dengan mengaitkan nilai yang ada sila pertama, kedua dan ketiga
1.     Sikap
2.     Pengetahuan
(Tes Tulis)
3.     Keterampilan
28 JP
R Buku teks Buku penunjang
R Lingkungan
R Internet

SBDP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.6 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat
Lagu birama tiga dan empat
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.6.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat.
PKN
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Simbol-simbol
sila Pancasila
 Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1.1 Mengidentifikasi simbolsimbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
3.1.2 Menjelaskan arti simbolsimbol Pancasila
3.1.3 Memberi contoh sikap yang mencerminkan nilai Pancasila
4.1.9 Membuat tabel tentang perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila.
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan
3.2.5 Membaca lancar teks bacaan
4.2.1 Menulis catatan tentang tugas sekolah
4.2.6 Mempresentasikan informasi yang ditulis
Pembelajaran 2
PJOK
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
Cara menjaga kebersihan kelas
3.8.1 Mengidentifikasi berbagai cara menjaga kebersihan kelas.
4.8.1 Mendemonstrasikan cara membersihkan sesuatu.
4.8.2 Melakukan piket
Membersihkan lingkungan kelas.
Observing:
·         Siswa mengamati gambar tentang aktivitas siswa di kelas pada pagi hari
·         Siswa membaca teks bacaan tentang kegiatan piket siswa di kelas pada pagi hari
·         Siswa mengamati gambar tentang siswa sedang membuat pajangan jam
·         Siswa membaca waktu yang ditunjukkan jam pada gambar yang diamati
Questioning:
·         Siswa mengajukan pertanyaan kepada temannya
Exploring:
·         Siswa membuat pertanyaan tentang pengamalan sila keempat dan kelima Pancasila
·         Siswa mengerjakan tugas piket di kelas setelah atau sebelum kegiatan belajar dilakukan
Asociating:
·         Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan temannya
·         Siswa menulis suatu kegiatan dan menggambar jarum jam yang menunjukkan waktu kegiatan dilakukan
Comunicating:
·         Siswa menceritakan kegiatan tentang tugasnya di lingkungan sekolah
Matematika
3.5Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
Pemecahan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang
3.5.3 Membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.3 Menggambar jam pada waktu tertentu
PKN
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Simbol-simbol
sila Pancasila
Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1.7 Memberi contoh sikap yang mencerminkan nilai Pancasila
4.1.2 Membuat tabel tentang perilaku yang menunjukkan perilaku di sekitar sekolah yang sesuai dengan sila Pancasila
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Teks cerita narasi kegiatan dan bermain di lingkungan sekitar menggunakan bahasa daerah
3.2.7 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis
4.2.2 Menceritakan berbagai tugas di lingkungan sekolah
Pembelajaran 3
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Menceritakan berbagai jenis kegiatan
3.2.5 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.
4.2.1 Menulis cerita sederhana tentang kegiatan di sekolah
4.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di sekolah.
Observing:
·         Siswa mengamati gambar tentang aktivitas kegiatan bermain tebak-tebakan secara berpasangan
·         Siswa membaca petunjuk kerja sederhana tentang tugas membuat kartu jam
·         Siswa mengamati gambar tentang gambar jam analog
·         Siswa mengamati lagu “Jika Ku Besar” disertai not angkanya
Questioning:
·         Siswa membuat pertanyaan tentang aktivitas yang dilakukan pada gambar
Exploring:
·         Siswa membuat kartu jam berdasarkan petunjuk kerja
·         Siswa bermain tebak-tebakan menggunakan kartu jam yang dibuat secara berpasangan
Asociating:
·         Siswa menuliskan waktu yang ditunjukkan pada jam analog
·         Siswa menulis daftar tugas yang telah dipelajarinya pada hari ini
Comunicating:
·         Siswa menuliskan kegiatan sekolah yang dilakukan pada jam tersebut
·         Siswa menyanyikan lagu “Jika Aku Besar” disertai not angkanya disertai gerakan tepuk tangan dengan ritme yang tepat
·         Siswa membaca tugas yang telah ditulisnya
Matematika
3.5Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
Menentukan waktu/jam
3.5.5 Membaca waktu yang ditunjukkan jarum jam
4.5.6 Menulis waktu yang
ditunjukkan jarum jam
4.5.7 Membuat kartu jam
4.5.9 Menulis kegiatan yang dilakukan berdasarkan waktu yang ditunjukkan jarum jam
SBDP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.6 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat
Lagu anak-anak dengan pola irama yang bervariasi
Pola irama
bervariasi lagu bertanda
birama empat
 3.2.5 Menyanyikan lagu berkaitan dengan kegiatan sekolah
4.6.1 Melakukan kegiatan tepuk tangan memainkan pola irama bervariasi lagu
Pembelajaran 4
PKN
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Simbol-simbol
sila Pancasila
 Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1.4 Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila
3.1.5 Mengidentifikasi perilaku yang tidak mencerminkan nilai Pancasila
3.1.8 Memberikan alasan terhadap perilaku yang diamati berdasarkan nilai Pancasila
4.1.5 Membuat kliping tentang perilaku yang mencerminkan nilai Pancasila
4.1.6 Membuat kliping tentang perilaku yang tidak mencerminkan nilai Pancasila
Observing:
·         Siswa mengamati syair lagu yang dilantunkan “Pergi Belajar”
·         Siswa mengamati gambar tentang aktivitas siswa pergi ke sekolah
·         Siswa membaca teks bacaan tentang tugas siswa di sekolah
Questioning:
·         Siswa membuat pertanyaan tentang tugas siswa di sekolah
Exploring:
·         Siswa mengidentifikasi tugas siswa berdasarkan syair pada lagu”Pergi Belajar” yaitu:
-Meminta izin untuk berangkat sekolah
-Datang tepat waktu ke sekolah
-Menyayangi guru dan teman
-Belajar dengan rajin
·         Siswa mengidentifikasi perilaku siswa di sekolah dalam sebuah tabel
·         Siswa membuat kliping tentang gambar perilaku yang mencerminkan nilai kelima sila Pancasila di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari.
Asociating:
·         Siswa mendeskripsikan gambar aktivitas siswa pergi ke sekolah
·         Siswa mengelompokkan perilaku yang mencerminkan dan yang tidak mencerminkan nilai Pancasila
Comunicating:
·         Siswa menyanyikan lagu “Pergi Belajar”
·         Siswa menuliskan hasil identifikasi perilaku ke dalam sebuah tabel
·         Siswa menuliskan alasan pada perilaku yang telah diidentifikasi pada kliping
·         Siswa menceritakan perilaku yang ada pada kliping yang dibuatnya di depan kelas
·         Siswa mendiskusikan perilaku yang ada dalam cerita yang didengar
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Kegiatan di lingkungan sekolah
3.2.5 Membaca lancar teks bacaan
4.2.2 Menceritakan pengalaman tentang perilaku berdasarkan nilai Pancasila
SBDP
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis
4.6 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat
Memainkan pola irama bervariasi
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.6.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama empat
Pembelajaran 5
PJOK
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
Cara menjaga kebersihan kelas
3.8.1 Menulis langkah kerja kegiatan menjaga
kebersihan kelas.
4.8.1 Mendemonstrasikan
berbagai kegiatan dalam
menjaga kebersihan kelas
Observing:
·         Siswa mengamati gambar tentang kegiatan siswa membersihkan kelasnya (siswa mendeskripsikan)
·         Siswa membaca teks bacaan tentang kegiatan hari Jumat bersih
·         Siswa mengamati gambar sikap menolong teman
Questioning:
·         Siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan tugas siswa menjaga kebersihan sekolah
·         Guru membimbing siswa untuk percaya diri dalam membuat langkah kerja membersihkan papan tulis dengan memberikan pertanyaan untuk menuntun dan menggali gagasan
Exploring:
·         Siswa mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila dengan tanda contang (v) dan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai Pancasila dengan tanda silang (x) di sekolah pada lembar kerja
Asociating:
·         Siswa mempraktikkan kegiatan menjaga kebersihan
·         Siswa mengecek kebersihan kelas yang telah dibersihkan
·         Guru memberikan pujian terhadap hasil kerja siswa dalam menjaga kebersihan.
Comunicating:
·         Siswa menulis cerita pengalaman di sekolah tentang sikap menolong
·         Guru meminta salah satu siswa memeragakan sikap menyapa guru dengan sopan saat berpapasan di depan kelas dengan percaya diri
·         Siswa melakukan demonstrasi menyapa guru ketika melakukan kegiatan
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Menceritakan berbagai jenis kegiatan
3.2.5 Membaca lancar teks bacaan
4.2.1 Menulis cerita tentang perilaku berdasarkan nilai Pancasila
PKN
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Simbol-simbol
sila Pancasila
Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1.6 Mengelompokkan
berbagai kegiatan yang
mencerminkan nilai
Pancasila
3.18 Memberikan alasan
pengelompokan suatu
perilaku dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah
4.1.4 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila
Pembelajaran 6
PJOK
3.8 Memahami cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
4.8 Mempraktikkan cara menjaga kebersihan kelas (seperti: piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah).
Cara menjaga kebersihan kelas
3.8.1 Menulis langkah kerja kegiatan menjaga
kebersihan kelas.
4.8.1 Mendemonstrasikan
berbagai kegiatan dalam
menjaga kebersihan kelas
Observing:
·         Siswa mengamati gambar tentang kegiatan siswa membersihkan kelasnya
·         Siswa membaca teks bacaan tentang kegiatan hari Jumat bersih
Questioning:
·         Siswa membuat pertanyaan berkaitan dengan tugas siswa menjaga kebersihan sekolah
Exploring:
·         Siswa mendiskusikan jawaban yang didapatkan
Asociating:
·         Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks bacaan
·         Siswa melengkapi waktu menurut jadwal tugas di sekolah
·         Siswa membuat jadwal tugas di sekolah
Comunicating:
·         Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati
·         Siswa menyanyikan lagu “Pramuka Sejati”
·         Siswa menuliskan tugas dari pos 1 hingga pos 6 dalam sebuah cerita
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Mendemonstrasikan tugas piket sekolah
3.2.5 Membaca lancar teks bacaan
4.2.1 Menulis cerita tentang perilaku berdasarkan nilai Pancasila
PKN
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Simbol-simbol
sila Pancasila
Tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
3.1.6 Mengelompokkan
berbagai kegiatan yang
mencerminkan nilai
Pancasila
3.18 Memberikan alasan
pengelompokan suatu
perilaku dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah
4.1.4 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar