Senin, 19 Oktober 2015

RPP Tematik



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : MI/SD
Tema/Subtema            : Tema 3/ Subtema 1
Kelas/Semester            : Kelas III/ Semester I
Pembelajaran               : Pembelajaran 1
Materi                          : Tugasku Sehari-hari Di Rumah
Alokasi Waktu            : 1 × Pertemuan
A.      Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
1.      Matematika
a.       3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
b.      4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.
2.      SBDP
a.       3.3 Memahami gerak seharihari dengan memperhatikan tempo gerak.
b.      4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
3.      PKN
a.       3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
b.      4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.      Bahasa Indonesia
a.       3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
b.      4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Matematika
a.       3.5.1 Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu.
b.      4.5.1 Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam.
2.      SBDP
a.       3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari.
b.      4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau melalui media.
3.      PKN
a.       3.2.1 Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
b.      3.2.2 Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
c.       4.2.1 Berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.      Bahasa Indonesia
a.       3.3.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga.
b.      4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.



D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.
2.      Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
3.      Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat.
4.      Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, badan, tangan, dan kaki dengan percaya diri.
5.      Dengan melakukan gerakan yang telah dipelajari, siswa dapat berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.
6.      Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu secara cermat.
7.      Dengan memperhatikan gambar jam, siswa dapat menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam dengan disiplin.
8.      Dengan menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga dengan disiplin.
9.      Dengan memperhatikan gambar tentang kegiatan Siti, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara cermat.

E.       Deskripsi Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran terlampir (lampiran 1)

F.       Pendekatan, Strategi, dan Metode
1.      Pendekatan   : Scientific
2.      Strategi         : Cooperative Learning
3.      Metode         : Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab, dan Penugasan

G.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media :
a.       Tabel wawancara tugas teman di rumah.
b.      Jam analog.
c.       Gambar jam.
2.      Sumber :
a.       Buku tematik siswa kelas 2 tema 3 subtema 1 “Tugasku Sehari-hari Di Rumah”
b.      Buku panduan tematik guru kelas 2 tema 3 subtema 1 “Tugasku Sehari-hari Di Rumah”

H.      Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pendahuluan meliputi:
R  Guru mengucapkan salam
R  Guru bersama-sama siswa berdoa
R  Guru menanyakan kabar siswa
R  Guru mengabsensi siswa atau menanyakan siswa yang tidak masuk
R  Guru melakukan apersepsi tentang bab yang sebelumnya dipelajari
R  Guru menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran
R  Guru mengkondisikan kelas/ kontrak pembelajaran

Kegiatan inti meliputi:
R  Siswa mengamati gambar Siti menyapu di kamar (mengamati).
R  Siswa membaca teks “Tugasku di Pagi Hari” (mengamati).
R  Siswa memperhatikan gambar Siti melakukan beberapa gerakan (mengamati).
R  Siswa menanya tentang gambar Siti menyapu di kamar (menanya).
R  Siswa menanya tentang tugas siswa di rumah (menanya).
R  Siswa menyebutkan kegiatan Siti di pagi hari.
R  Siswa bertanya kepada beberapa temannya tentang tugas temannya di rumah setiap pagi dan menuliskan di kolom yang telah disediakan di buku siswa (menanya).
R  Siswa menyebutkan beberapa aturan yang berlaku berkaitan dengan tugas teman dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengasosiasi).
R  Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengomunikasikan).
R  Siswa mempraktikkan beberapa tugas yang dilakukan di rumah ke depan kelas secara bergantian (mengomunikasikan).
R  Siswa mengingat kembali gerakan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah seperti gerakan setelah bangun tidur (mengasosiasi).
R  Siswa mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari (mengasosiasi).
R  Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, badan, tangan, dan kaki (mengumpulkan informasi).
R  Siswa berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengumpulkan informasi).
R  Siswa menulis yang dirasakannya ketika bangun tidur setelah melakukan gerakan kepala, badan, tangan, dan kaki (mengomunikasikan).
R  Siswa menulis perbedaan antara melakukan gerakan sesudah bangun tidur dengan tidak melakukan gerakan (mengasosiasi).
R  Siswa menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu (mengomunikasikan).
R  Siswa memperhatikan gambar jam analog (mengamati).
R  Siswa menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam (mengumpulkan informasi).
R  Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan anggota keluarga pada waktu tertentu (mengumpulkan informasi).
R  Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat (mengomunikasikan).

Kegiatan Penutup meliputi:
R  Guru bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang dipelajari
R  Guru memberi tugas rumah kepada siswa
R  Guru menyuruh siswa untuk membaca bab selanjutnya di rumah untuk persiapan di pertemuan berikutnya
R  Guru bersama siswa berdoa
R  Guru mengucapkan salam


I.         Penilaian
1.      Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM












1.
Dayu












2.
Siti












3.
Udin












4.
Lani












dst
. . .













2.      Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian     : tes tertulis (isian)
Tes tertulis                   : skor
Skor maksimal : 100
Penilaian                      : × 100

Konversi Nilai
(Skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kurang)

Menulis waktu saat mandi dan saat pergi ke sekolah.
Banyak soal     : 2 Soal
Kunci jawaban            : 1)   05.00
                                      2)   06.00
Contoh perilaku yang sesuai dengan aturan sehari-hari di rumah
Menanya tugas teman di rumah.
No
Nama Teman
Tugas di Rumah Setiap Pagi
1


2


3



3.      Penilaian Keterampilan
a.       Membuat pertanyaan dari gambar yang diamati
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Menggunakan kata tanya yang sesuai


2
Penggunaan tanda tanya pada kalimat tanya


3
Kesesuaian pertanyaan dengan gambar yang diamati


4
Menggunakan kata tanya yang bervariasi



Hasil Lembar Pengamatan Kegiatan Bertanya
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
1
Siti








2
Dayu








3
Beni








4
Udin









b.      Menirukan berbagai gerakan
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Menirukan Berbagai Gerakan
No
Kriteria
Terlihat (√)
Belum Terlihat (√)
1
Keterampilan koordinasi gerakan kepala


2
Kemampuan mengikuti aturan gerakan kepala


3
Keterampilan koordinasi gerakan badan


4
Kemampuan mengikuti aturan gerakan badan


5
Keterampilan koordinasi gerakan tangan


6
Kemampuan mengikuti aturan gerakan tangan


7
Keterampilan koordinasi gerakan kaki


8
Kemampuan mengikuti aturan gerakan kaki





Hasil Pengamatan Menirukan Berbagai Gerakan
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Kriteria 5
Kriteria 6
Kriteria 7
Kriteria 8
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
T
BT
1

















2

















3

















4

















Dst
...
















Keterangan:
T     : Terlihat
BT   : Belum Terlihat
Beri tanta centang ( ) pada kolom yang sesuai
c.       Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menulis Teks Buku Harian
No
Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu
Bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan EYD yang tepat
Menggunakan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca yang
tepat tanpa
bimbingan
guru.
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca yang
kurang tepat.
Dilakukan
tanpa
bimbingan
guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca yang
kurang tepat.
Dilakukan
dengan
bimbingan
guru
Ada beberapa
penggunaan
huruf kapital,
kata depan,
dan tanda
baca yang
tidak tepat.
Dilakukan
dengan
bimbingan
guru
2
Kelengkapan penulisan kata
Seluruh
kalimat
dalam teks
menggunakan
penulisan kata
yang lengkap
Sebagian kecil
penulisan kata
yang kurang
lengkap
Setengah dari
teks penulisan
kata yang
belum lengkap
Sebagian
besar teks
menggunakan
penulisan kata
yang belum
lengkap
3
Kesesuaian isi teks yang
ditulis dengan tema buku
harian
Seluruh isi
teks yang
ditulis sesuai
dengan judul
atau tema
Setengah
atau lebih
isi karangan
sesuai dengan
judul atau
tema
Kurang dari
setengah isi
karangan
sesuai dengan
judul atau
tema
Seluruh isi
karangan
belum sesuai
dengan tema
4
Penggunaan kalimat yang
efektif
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
dengan
susunan yang
tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang lengkap
namun
susunannya
kurang tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
susunannya
juga kurang
tepat
Mengandung
unsur kalimat
yang kurang
lengkap dan
tidak jelas
susunannya
juga kurang
tepat sulit
dipahami




Tidak ada komentar:

Posting Komentar